Minggu, 06 Maret 2016

Inilah Batu Akik Suket Trenggalek dan Cara Merawat dengan Mudah

Halo sobat goresan pemikiran, salah satu batu akik asli Indonesia kini hadir dan ikut mewarnai Dunia perbatuan di tanah air. Batu akik suket Trenggalek salah satu batu yang memiliki warna dan serat unik serta dapat memikat hati para kolektor. Batu dengan jenis unik ini, mempunyai tingkat kristal cukup tinggi dan bisa tembus cahaya bila disorot dengan lampu senter.

Kota Trenggalek sendiri terdiri dari perbukitan yang terjal yang dikelilingi lautan, mayoritas penduduk disana tidak begitu mengerti tentang batu ini, namun beberapa sesepuh yang dituakan di sana menganggap batu suket termasuk batu yang menjadi ciri khas seorang pemimpin. Untuk mendapatkan batu ini, penambang harus menggali di tempat yang benar-benar terdapat kandungan batu suket dan tidak sembarangan pula orang yang bisa menambang nya.

Ritual sebelum melakukan proses penambangan batu menurut adat istiadat setempat harus dilakukan, agar tidak terjadi bahaya yang menimpa si penambang batu tersebut. Setelah selesai proses ritual, barulah penambang boleh mengambil batu akik suket untuk dijadikan sebuah cincin atau liontin.

cara merawat akik suket Trenggalek

Pembentukan batu suket Trenggalek harus mengikuti pola serat yang terdapat di permukaan bahan batu, biasanya para pecinta batu akik membentuknya sesuai alur serat pohon, lalu mulai memoles agar batu terlihat berkilau. Untuk merawat batu ini, beberapa teknik rendam dibawah ini bisa sobat lakukan, agar performa batu semakin indah di pandang mata.

Teknik rendam batu suket Trenggalek
  • Merendam dengan air sungai
  • Merendam dengan air sumur
  • Merendam dengan air kelapa

Teknik diatas harus dilakukan selama tiga bulan, lalu batu diangkat untuk dipoles ulang. Agar batu semakin bagus, usahakan mengganti air rendaman minimal dua minggu sekali, dengan cara mendiamkan terlebih dahulu air yang yang akan menjadi gantinya.

Selain dapat membuat indah batu suket Trenggalek, teknik rendam diatas bisa membuat tingkat kristal batu menjadi semakin bagus. 

semoga info singkat tentang batu suket Trenggalek dan cara merawatnya dengan mudah bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pecinta batu akik Jangan lupa baca juga cara perawatan ini batu akik cikolak garut dan cara merawat mudah

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon