Sabtu, 05 Maret 2016

Batu Akik Cikolak Garut dan Cara Merawat Mudah

Halo sobat goresan pemikiran, sebuah batu akik yang indah dan mempesona merupakan dambaan setiap pemilik batu akik. Salah satu batu akik yang Saya maksud adalah, batu asal Cikolak garut. Memiliki warna eksotik dan mirip dengan pancawarna semakin menambah daya tarik batu asal Cikolak ini.

Biasa disebut dengan akik Cikolak, batu ini menjadi salah satu andalan batu asal garut. Konon mitos yang tersebar, akik asal Cikolak memiliki kekuatan magis yang kuat, tak jarang para pemburu akik bertuah menjadikan batu ini sebagai bidikan nya.

Dilihat dari unsur mineral dalam batu tersebut, akik Cikolak berasal dari pegunungan yang lembab. Warna yang timbul adalah hasil dari perpaduan mineral yang sudah berkembang dan ber proses. Untuk mempertahankan warna serta merawat batu akik ini, beberapa langkah dibawah ini bisa sobat lakukan, yang pasti akan membuat batu semakin indah dan mudah ber proses menjadi tua.

cara merawat akik cikolak garut

Cara Merawat Batu Akik Cikolak


Bahan-bahan:
  • Wadah rendam
  • Air sumur
  • Garam dapur halus

Caranya sebagai berikut:
  • Cuci bersih batu dengan air mengalir, lalu kering kan
  • Siapkan wadah
  • Masukkan garam halus 1 sendok teh
  • Masukkan air sumur
  • Aduk hingga garam larut
  • Rendam akik Cikolak selama 1 sampai 2 bulan

Dari cara perawatan diatas, hasil yang didapat akan membuat batu semakin bagus, baik warna maupun tingkat kekerasan. Bila batu sudah berbentuk cincin, lepaskan ikatannya, lalu rendam selama 3 minggu saja, kering kan dan gosok dengan kulit.

Mengenai harga batu akik Cikolak, beberapa sumber yang Saya ketahui memahar kan sekitar 200 sampai 400 ribu, tergantung ukuran dan tampilan warna. Tapi, bila semakin tua, batu akik tersebut akan semakin mahal, apalagi mempunyai khasiat yang kuat.

Seorang kolektor batu akik pernah mengatakan, "akik cikolak punya nilai lebih dibandingkan akik lainnya, karena berasal dari pegunungan yang penuh misteri". Usut punya usut, ternyata memang betul bahwa hawa mistik sangat terasa bila sobat memiliki akik cikolak selama kurang lebih 5 tahun.

Semoga info singkat tentang batu akik Cikolak ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan, jangan lupa baca juga yang satu ini cara tes keaslian batu kecubung ungu dengan 3 langkah mudah

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon