Selasa, 15 Maret 2016

Akik Pandan Suji Ulasan Lengkap Harga Cara Merawat dan Ciri-ciri Batu

Akik pandan suji sebuah batu yang memiliki warna menarik, unik serta indah menawan. Batu ini juga pernah menjadi sebuah batu yang sering dicari orang, saat ramai musim batu akik tahun lalu. Harga yang ditawarkan untuk batu jenis ini, mencapai jutaan rupiah, yang mana setiap pembeli harus rela memesan terlebih dahulu untuk memiliki batu jenis ini.

Unsur mineral dalam akik pandan suji, bisa melakukan perubahan yang nyata, dalam hal ini terlihat dari segi warna yang mulai matang. Bagaimana perubahan itu terjadi? Beberapa pakar batu akik berpendapat, bahwa mineral dalam batu mulai ber proses ketika batu sudah mencapai umur tertentu. Kandungan yang semula muda, ditarik kembali kedalam dan berubah menjadi warna yang tua.

akik pandan suji ulasan lengkap

Cara Merawat Akik Pandan Suji

Berbicara tentang teknik perawatan akik pandan suji, tidak lengkap bila Saya hanya menilai sendiri. Oleh karena itu, orangtua yang sudah puluhan tahun memiliki pandan suji sebagai cincin di jari manis nya Saya ajak untuk berdialog seputar cara merawat akik pandan suji. Sebut saja dia pak hari, yang sudah kenal dengan akik dan mengoleksi nya sejak usia muda.

Beliau mengatakan bahwa untuk merawat batu ini cukup sederhana dan hanya butuh waktu sebentar saja, namun harus dilakukan sesering mungkin. Berikut adalah caranya.
  1. Bila batu sudah diikat cincin, perhatikan lah kebersihan nya. Usahakan untuk membersihkan minimal satu atau dua bulan sekali dengan sabun cuci dan air hangat.
  2. Jangan lupa untuk sering memakainya di jari tangan, agar batu semakin mendapat hawa panas tubuh.
  3. Gunakan kulit untuk menggosok batu agar tetap bersinar dan indah dipandang mata, kalau istilah nya "kinclong".
  4. Lakukan dengan penuh kesabaran, karena setiap batu akik pandan suji memiliki kelebiham dan kekurangan.
Dari ke empat hal diatas, poin nomor 2 harus selalu dilakukan, menurut pak hari cara tersebut sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. 

Harga Akik Pandan Suji

Beberapa penjual batu online dalam komunitas google plus, menghargai batu ini dengan mahar sebesar 500 sampai 800 ribu, itu pun bila batu sudah nampak kristal dan keras bagian dalamnya, karena pandan suji yang muda, masih sangat rapuh dan bisa pecah bila terjatuh atau terbentur benda keras.

Ukuran batu juga sangat berpengaruh dalam menentukan sebuah harga akik pandan, bila ukuran sedang dengan diameter 5cm, tentu bisa di boyong dengan mahar 100 sampai 200 ribu dan tentunya masih bisa nego. Sedangkan untuk bahan batu, bisa sobat angkut dengan harga 50 sampai 100 ribu per satu kilogram.

Ciri-ciri akik pandan suji

Banyak pecinta batu pandan sering salah mengartikan ciri batu pandan suji, karena memang tak mudah untuk mengetahui secara detail tentang ciri batu tersebut yang konon memiliki khasiat tersembunyi. Untuk itu, beberapa ciri dibawah ini yang harus dimiliki oleh pandan suji.
  • Memiliki serat kabut atau asap
  • Memiliki klep cahaya bila digerakkan
  • Berwarna hijau
Bila ketiga ciri diatas tidak lengkap dimiliki oleh batu pandan suji, maka bisa dipastikan bahwa batu tersebut bukan pandan dengan jenis suji dan mungkin hanya batu hijau biasa. Adapun bila sobat ingin kepastian, silahkan cek di laboratorium.

Semoga info tentang akik pandan suji ulasan lengkap harga cara merawat dan ciri-ciri batu tersebut bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga yang satu ini inilah jenis batu bacan dan cara merawat dengan mudah

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon