Kamis, 18 Februari 2016

Tali Air Batu Bacan

Tags

Tali air batu bacan merupakan sebuah serat yang membujur dari sisi satu ke sisi lainnya, terkadang dalam serat tersebut memiliki ketebalan yang lebih bila dibandingkan dengan serat normal pada umumnya, sering dijumpai berwarna hijau, namun banyak juga yang berwarna kuning. Pada jurnal kali ini, saya akan mengupas tuntas tentang fenomena tersebut.

Awal mula terbentuknya tali air pada sebuah batu akik khususnya bacan, ketika proses yang terjadi pada sebuah bahan batu yang masih berbentuk bongkahan dan masih muda, lalu diambil serta direndam dengan air yang bercampur kandungan besi dalam jangka waktu yang lama.

tali air batu bacan

Fenomena tali air ini sebenarnya bukanlah sebuah penyakit batu, namun lebih kearah proses yang dibuat oleh seseorang dalam membuat batu menjadi lebih keras. Seperti kita ketahui, bahwa banyak pedagang batu bacan membeli bahan batu yang masih muda karena harganya relatif murah ketimbang batu yang sudah keras atau porselen, karena itu mereka merawatnya dengan cara merendam dengan air yang tidak ditutup, akhirnya air hujan masuk dan bercampur dengan air rendaman.

Dari situlah muncul tali air yang banyak dikeluhkan para pecinta batu bacan, tak jarang tali air tersebut melintang dari satu sisi ke sisi lainnya dengan tingkat kedalaman yang lumayan, sehingga susah untuk dihilangkan walaupun sudah di kupas sampai dalam.

Bagi sobat yang memiliki bahan batu bacan yang masih muda, sebaiknya bila melakukan teknik rendam, wadah harus ditutup agar tidak masuk kotoran maupun air hujan. hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya tali air pada batu bacan.

Kalau saya pribadi lebih suka untuk membiarkan dahulu bahan batu selama satu bulan tanpa rendam dan jemur, baru setelah itu melakukan teknik rendam air oksigen dengan wadah yang tertutup rapat selama satu bulan.

Mengganti air rendam juga sangat berpengaruh untuk membuat batu bacan terhindar dari tali air, oleh sebab itu pergantian bisa dilakukan bila air sudah mulai keruh. Jangan lupa, untuk membersihkan batu sebelum merendam nya dengan air yang baru.

semoga info singkat tentang tali air batu bacan bisa menambah wawasan dan bermanfaat, khususnya bagi sobat yang memiliki bahan batu bacan muda. jangan lupa baca juga yang ini tertarik dengan batu akik warna hijau

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon