Sabtu, 27 Februari 2016

Perbedaan Batu Kalimaya Dengan Black Opal

Tags

Batu kalimaya, sebuah batu yang sering dikaitkan dengan black opal. Dari segi daerah asal, batu kalimaya memang memiliki ikatan kerabat dengan batu hitam asal banten, namun bila ditelisik lebih jauh batu jenis ini punya perbedaan yang cukup signifikan.

Menurut pengalaman saya pribadi, batu kalimaya yang super sangat mahal harga nya dan jarang sekali terlihat dipakai oleh orang, baik sebagai cincin maupun liontin. Konon batuan dengan jenis kalimaya super sudah menjadi koleksi sebagian kolektor dari dalam dan luar negeri.

perbedaan kalimaya dengan black opal

Kembali ke pembahasan tentang perbedaan batu kalimaya dengan black opal, berikut ini perbedaan yang Saya ketahui dari kedua batu yang indah tersebut.

Batu Black Opal
  • Mempunyai warna hitam yang legam
  • Terdapat serat 
  • Jarong timbul dengan berbagai jenis, rintik, ruyung, kembang
  • Tingkat kekerasan cukup
  • Bahan batu berasal dari kayu, ranting

Batu Kalimaya
  • Mempunyai banyak warna dasar, seperti coklat teh, putih susu, kuning bensin dan lain sebagainya
  • Tidak terdapat serat yang terlihat
  • Jarong timbul dengan jenis kembang
  • Tingkat kekerasan cukup
  • Bahan batu berasal dari batu yang keras

Dari beberapa ciri diatas, bisa disimpulkan bahwa kedua batu tersebut ternyata memiliki perbedaan yang jelas, sebagai salah satu ciri khas yang utama pada masing-masing batu.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan  kedua batu tersebut, yang pastinya mempunyai satu kesamaan, yaitu sangat terlihat indah bila dijadikan mata cincin atau liontin sebagai salah satu aksesoris bagi pria dan wanita.

Bagi sobat yang ingin membeli kedua batu tersebut yang sudah jadi atau timbul jarong, sebaiknya lakukan dengan teliti. Hal ini bermaksud agar tidak tertipu dengan pedagang nakal yang suka menjual batu imitasi berkedok black opal dan kalimaya.

Semoga info singkat tentang perbedaan batu kalimaya dengan black opal bisa menambah wawasan dan bermnafaat, khususnya bagi pecinta kedua batu tersebut. Jangan lupa baca juga yang satu ini
5 kunci sukses dalam merawat batu black opal

6 comments

Bang kl BO ud keluar jarong tp batunya msh lunak, bs ga d rendam pake cairan isotonik biar batunya keras???

Sebaiknya jangan, nanti risiko jarong hilang mas yudras.

Bang,kalo kalimaya super itu yang macam mana cirinya bang den??

Yang pasti sudah bagus jarongnya, kristal dan tidak cacat om shayna.

Sy punya satu bahan black oval aneh bentuk ny seperti kapsul bulat.tapi aneh.nya bkn jarong yg kluar.malah motip gambar kucing angora. Yg gi duduk sama tulisan lapaz Allah.padahal batu black oval sy yg lain dah kluar jarong.tretmen rendam.minyak kayu putihzaitun.minyak klapa.tanpa harus di jemur.hasil nya mantap.

Terima kasih sudah mau berbagi tentang cara merawat black opal.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon