Selasa, 02 Februari 2016

Nogosui dan Teknik Gosok Minyak Batu

Halo sobat goresan pemikiran pecinta batu akik, masih ingat tentang batu asal Purbalingga yang pernah menghebohkan jagad perbatuan batu akik nusantara, batu nagasui adalah salah satunya. Memiliki tingkat kekerasan sampai 7 skala mohs dan warna yang natural, membuat batu ini banyak diminati para gemslover kawakan maupun pemula.

Warna merah, hijau dan terkadang biru pun menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki batu jenis bloodstone ini. Agar menjadi bagus, batu akik ini butuh perawatan agar bisa berproses menjadi indah. Salah satu cara perawatan yang saya sukai dari jenis batu ini adalah, dengan menggosoknya menggunakan kulit, karena dengan gesekan panas yang dihasilkan antara kulit dan permukaan batu akan membuat batu tersebut mengeluarkan minyak, sehingga bisa melumasi seluruh bagian baik luar dan dalam batu bloodstone.

Nogosui

Apakah minyak batu sangat bagus untuk batu nagasui? Jawabannya adalah iya.

Para sesepuh batu akik mengatakan bahwa pada jaman dulu pemilik batu biasa melakukan cara ini. Selain bisa membuat batu menjadi mengkilap dan kinclong, cara ini bisa membuat warna menjadi tambah indah, bahkan pada jenis batu nagasui sangat dianjurkan.

Bagi sobat yang ingin tahu apa itu batu nagasui, silahkan baca disini untuk lebih jelasnya batu naga sui asal purbalingga.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara gosok ini, silahkan baca tipsnya di bawah ini.

Teknik gosok kulit batu nogosui

Bahan yang diperlukan:

  • Kulit 
  • Tisu halus
Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan kulit
  • Jemur selama 1 jam
  • Gosok batu secara merata ke seluruh permukaan selama 10 menit
  • Lakukan setiap hari minimal 3 kali

Dalam jangka waktu satu minggu setelah sobat melakukan cara gosok di atas, batu akan mengeluarkan minyak yang akan melumasi seluruh bagian terutama bagian atas dari batu nagasui.

Apabila minyak batu tidak keluar juga, pancing dengan cara menjemurnya selama 1 jam, angkat lalu lihat batu tersebut bila sudah mengeluarkan minyak berarti teknik untuk memancing minyak sudah berhasil. Lakukan teknik gosok di atas, untuk memperhalus dan meratakan minyak batu.

Lakukan teknik gosok di saat senggang untuk semakin memperindah batu nogosui, bila sudah dijadikan mata cincin teknik gosok bisa dilakukan pada saat batu dipakai.

Semoga info singkat ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat, jangan lupa baca juga yang satu ini membuat black opal sempur kristal mitos atau fakta

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon