Kamis, 25 Februari 2016

Mengenal Batu Pirus dan Cara Merawatnya

Tags

Batu pirus, sebuah legenda tentang batu akik yang berasal dari daerah Timur Tengah, kebanyakan batu pirus yang beredar di Indonesia berasal dari Persia dan ada juga yang dari Rusia. Mengenai ciri khas masing-masing batu akik tersebut terdapat sedikit perbedaan, baik dari segi warna maupun serat. pada jurnal kali ini, saya akan mengulas tentang batu pirus dalam dunia batu akik, beserta harga dan perawatan singkatnya.

Saya pribadi, sempat mempunyai sebuah cincin batu pirus yang berasal dari Persia dan memiliki serat perak di permukaan batunya. Konon, batu yang memiliki serat emas maupun serat berwarna merah mempunyai nilai jual tinggi, namun hal ini pernah dibantah oleh salah seorang sesepuh batu akik. Karena menurut beliau, jual beli batu tergantung selera atau kesukaan masing-masing, bila sang pembeli menyukai batu yang dijual, maka dia akan berani membeli dengan harga yang mahal, namun bila semua orang menganggap batu tersebut bagus tapi sang pembeli tidak suka, maka tidak akan ada transaksi.

mengenal batu pirus cara merawat

Untuk merawat batu pirus yang sudah dijadikan mata cincin sangatlah mudah, sobat bisa melakukan teknik gosok yang memanfaatkan hawa panas hasil gesekan. Saya pribadi sering menggunakan teknik ini dalam merawat batu akik pirus, hasilnya sangat fantastis, batu semakin berkilau dan indah dipandang mata.

Bagaimana caranya?  Cukup lakukan seperti dibawah ini.

  • Siapkan batu cincin pirus di tangan kiri
  • Pegang kulit ditangan kanan
  • Gosok secara perlahan sampai ke seluruh permukaan batu
  • Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan

Bagaimana sobat, mudah bukan cara merawat batu pirus dengan teknik gosok, sebagai catatan batu mulai terlihat bagus setelah sobat melakukan teknik gosok ini ke dua kalinya dan akan semakin indah bila terus dilakukan setiap hari.

Batu pirus memiliki tingkat kerapuhan yang lumayan tinggi, jadi berhati-hatilah dalam memakainya. Bila sudah terjatuh, batu akan retak dan sulit dipulihkan seperti keadaan semula.

Semoga info singkat ini bisa bermanfaat, khususnya bagi sobat yang memiliki batu cincin pirus. Jangan lupa baca juga yang ini: mengenal batu bacan dan fenomena cara merawat dengan bahan kimia

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon