Rabu, 24 Februari 2016

Mengenal Batu Bacan dan Fenomena Cara Merawat Dengan Bahan Kimia

Tags

Halo sobat goresan pemikiran, awal Saya mengenal batu bacan adalah saat batu akik sedang booming, Saya menganggap batu ini sangat berbeda karena setahu saya dulu orang mengenalnya dengan sebutan batu Ambon. Kalau dilihat dari karakteristik batu bacan memang terlihat seperti batu giok, namun kandungan mineral di dalamnya yaitu chrysoprase sangat berbeda dengan kandungan giok.

Warna hijau adalah metamorfosis dari warna hitam pada bahan batu, hal ini memerlukan waktu sekitar bertahun-tahun lamanya. Ketika terjadi demam batu akik, beramai-ramai orang mencari batu bacan, seiring dengan ramainya batu tersebut banyak pula yang ingin agar batu bacan cepat hijau dengan cara melakukan perawatan dengan bahan-bahan kimia.

Batu bacan

Mengapa saya sampai mengetahui tentang cara perawatan bacan dengan bahan kimia, karena saya sudah menyaksikan sendiri bagaimana pengolahan cairan kimia menjadi bahan rendaman untuk mempercepat proses hijau batu bacan. Salah seorang pedagang batu tersebut mengatakan "asalkan hijau, batu bacan pasti mahal".

Memang tak dipungkiri, banyaknya permintaan akan batu bacan membuat segelintir orang memakai cara-cara yang tidak patut, seperti rendam bahan kimia, karena kalau di lihat sepintas memang bagus tapi akan membuat rusak batu bacan hingga ke dalam.

Saya memiliki batu bacan dengan jenis elektrik yang masih hitam sampai sekarang, namun perlahan-lahan sudah mulai mengeluarkan warna biru.  Hal ini sebagai perbandingan, bahwa waktu sangat berperan penting untuk mengetahui bagaimana cara alami dan yang bukan.

Untuk sobat yang masih menggunakan cara yang tidak alami dalam merawat batu bacan, bagi saya sah-sah saja asalkan mempunyai stok bahan batu yang cukup. Namun, bagi yang ingin batunya terlihat natural, silahkan rawat dengan cara yang alami seperti rendam air oksigen, gosok kulit maupun dipakai setiap hari.

Semoga jurnal kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan, angan lupa baca juga yang satu ini
giok halmahera ulasan lengkap dan cara perawatan

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon