Senin, 29 Februari 2016

Legenda Batu Akik Purbalingga

Tags

Halo sahabat goresan pemikiran, salah satu batu akik yang pernah saya ulas dan menjadi topik perbincangan adalah batu asal Purbalingga. Batu akik asal daerah ini, memiliki ciri khas yang hampir sama dengan batu bloodstone asal luar negeri. Menurut cerita yang berkembang, sungai Klawing adalah salah satu tempat dimana batu jenis Purbalingga banyak ditemukan, Saya sengaja mengulas batu akik ini dalam jurnal saya, agar sobat bisa lebih memahami tentang batu tersebut.

Batu akik asal Purbalingga mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah akik klawing, batu nogo sui serta pancawarna. Dari semua batu yang saya ketahui, ketiga batu tersebut yang paling banyak diminati para pecinta batu akik. Konon sang Bupati asal Purbalingga mewajibkan setiap pegawai negeri yang berada di wilayah nya menggunakan cincin batu akik klawing, sebagai ciri khas dan untuk memajukan perekonomian warga setempat.

legenda batu akik purbalingga

Ciri yang sangat khas dari batu akik asal Purbalingga adalah perpaduan warna yang menarik, diantara warna-warna yang timbul di permukaan batu tersebut adalah merah, biru, coklat, hijau, kuning. Terkadang warna tersebut mencapai lima hingga termasuk kategori batu akik panca warna.

Dalam hal perawatan, Saya menyediakan label khusus untuk batu akik ini dan sobat bisa melihat cara merawat dengan berbagi teknik mudah dalam label batu Purbalingga yang tersedia dalam blog goresan pemikiran.

Menurut sesepuh batu akik yang Saya kenal, batu asal Purbalingga berasal dari batuan gunung yang terbawa hingga sungai klawing dan mengalami proses kristal dalam kurun waktu yang lama. Jenis batuan gunung memang memiliki warna gelap dengan tingkat kekerasan yang cukup tinggi, sehingga wajar saja bila batu tersebut sangat keras dibentuk.

Tahun 2016 ini, batu akik asal Purbalingga masih dominan dengan banyaknya permintaan akan batu tersebut, baik di online shop maupun pusat batu akik Rawa bening. Bila sobat termasuk pecinta batu akik yang suka dengan warna gelap, batu akik asal Purbalingga bisa menjadi pilihan yang bagus.

Semoga info singkat tentang legenda batu akik Purbalingga bisa menambah wawasan dan bermanfaat, jangan lupa baca juga yang satu ini perbedaan batu kalimaya dengan black opal

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon