Selasa, 23 Februari 2016

Giok Halmahera Ulasan Lengkap dan Cara Perawatan

Tags

Cara merawat batu giok Halmahera - Halo sobat goresan pemikiran, salah satu koleksi batu akik yang saya punya adalah batu giok Halmahera, batu ini mempunyai warna hijau muda dan tembus bila disorot dengan lampu senter.

Ciri lain dari batu giok tersebut antara lain adalah serat yang seperti kabut, melintang dari sisi kanan dan kiri dan memiliki tingkat kekerasan diatas 6 skala mohs.

Giok Halmahera

Awal mula Saya memiliki batu giok Halmahera, ketika seorang teman memberikan oleh-oleh batu ini sebagai salah satu cinderamata ketika ditugaskan di pulau tersebut, awalnya batu ini memiliki warna hijau yang samar, namun seiring waktu berjalan lama-kelamaan warna mulai menjadi tua dan permukaan batu menjadi lebih porselen dari sebelumnya.

Menurut penduduk pribumi setempat, batu giok Halmahera ini merupakan bagian dari batu bacan, yang mana batu tersebut terdapat banyak di Kepulauan tersebut. Dari informasi tersebut, saya mulai melakukan penelitian baik mencari informasi lewat browsing di Google maupun melakukan cara perawatan yang sederhana dan ternyata saya mempunyai kesimpulan, bahwa batu ini memang benar ada hubungannya dengan batu bacan, khususnya dengan jenis pido atau palamea.

Hal lain yang saya dapat ketahui adalah para penduduk asli pulau Halmahera menganggap batu akik ini sebagai hal yang biasa, namun setelah batu bacan banyak diburu pecinta batu akik, barulah mereka mengerti bahwa batu ini bisa menghasilkan uang.

Jangan lupa baca juga yang satu ini
3 teknik pilihan merawat bahan black opal sempur

Cara merawat batu giok Halmahera


Dalam hal perawatan, Saya hanya menggunakan cara alami yaitu memakainya di jari serta menggosoknya menggunakan kulit yang telah ditaburi serbuk intan. Cara tersebut sangat ampuh membuat permukaan batuk semakin berkilau serta semakin menambah tingkat kristal untuk batu giok Halmahera.

Semakin lama saya memakainya, semakin bertambah tingkat kristal dan warna pada batu tersebut, karena menurut sesepuh batu akik, cara alami lah yang mampu membuat batu menjadi indah dan bagus.

Semoga info singkat tentang batu giok Halmahera bisa menambah wawasan dan bermanfaat khususnya bagi pecinta batu akik.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon