Kamis, 11 Februari 2016

Cara Tes Kualitas Bahan Bacan Gulau Dengan Mudah

Halo sobat goresan pemikiran, bacan gulau termasuk dari jenis batu yang memiliki serat dan warna sedikit berbeda dengan jenis bacan yang lain. Jenis batu ini, relatif banyak mengandung kapur dan tak jarang terdapat yakud di dalam bahan batunya. Untuk mengatasi hal tersebut, kali ini Saya akan bagi tips cara tes kualitas bahan bacan gulau dengan mudah, agar sobat bisa memilah dan memilih mana yang termasuk kualitas bagus.

Dalam melihat suatu bahan batu khususnya bacan gulau, diperlukan alat yang bisa membantu kita dalam mengecek bahan tersebut. Sebagai contoh adalah sebuah senter, yang bisa melihat hingga kedalam pori-pori bahan batu itu sendiri.

Selain itu mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sebuah bahan batu juga sangat membantu, sehingga sobat bisa melakukan sebuah tes yang benar-benar pasti.Berikut ini, adalah beberapa tips yang Saya ketahui.

tes kualitas bahan bacan gulau

Cara Tes Kualitas Bahan Bacan Gulau 

Bahan yang diperlukan:
  • Sebuah senter
  • Air dalam wadah
  • Ampelas

Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan bahan bacan gulau yang ingin dicek
  • Sorot dengan senter di sekelilingnya, bila ternyata tembus sinar bahan dalam tingkat kristal yang bagus
  • Masukkan kedalam wadah berisi air, lihat apakah ada penyakit batu seperti yakud, kapur. Biasanya dengan cara ini, batu jadi lebih terlihat warna aslinya
  • Terakhir gosok dengan ampelas, bila sisa dari gosok berwarna putih, tingkat kekerasan sudah bagus

Penggunaan senter sangat menunjang dalam tes kualitas bahan batu, usahakan sobat memiliki jenis senter yang memiliki daya kuat hingga bisa melihat kedalam serat dan pori batu.

Rendam dengan wadah yang berisi air juga tidak kalah penting, karena cara ini terbilang cukup klasik dan banyak dilakukan oleh para sesepuh dan para pedagang batu akik di Rawa bening. Unsur batu yang mudah menyerap air, membuat tampilan bahan batu terlihat terang dan jelas.

Gosok ampelas sangat berguna untuk mengetahui tingkat kekerasan sebuah bahan batu, dalam hal ini adalah bacan gulau. Yang mana bila bekas ampelas berwarna hitam, itu bertanda bahan masih muda dan perlu dirawat untuk menjadi keras. Bagi sobat yang ingin tahu caranya bisa dilihat disini bahan bacan gulau cara merawat dengan teknik rendam

Dari tips diatas sobat bisa mempelajari, bagaimana melihat sebuah bahan bacan gulau yang bagus. Hal ini juga bisa diterapkan dengan bahan batu akik lainnya, tapi tidak untuk bahan batu yang tidak tembus senter.

Semoga info singkat tentang bahan bacan gulau bisa menambah wawasan dan bermanfaat, khususnya bagi pecinta batu bacan. jangan lupa baca juga yang satu ini inilah 8 khasiat batu giok merah dan cara cek keasliannya

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon