Jumat, 12 Februari 2016

Batu Garut Hijau Dijemur Seharian Bahaya Tidak

Batu hijau garut, salah satu batu yang memiliki warna hijau yang memikat hati. Batu ini juga termasuk kedalam salah satu jenis kalsedon yang mana bisa tembus sinar jika disorot dengan senter. Memiliki kekerasan hingga 7 skala mohs dan permukaan porselen membuat batu ini banyak disukai para pecinta batu dengan warna hijau.

Bagi sobat yang memiliki batu garut hijau, merawat dengan teknik penjemuran setiap hari selama seharian penuh bisa sangat berbahaya bagi batu itu sendiri. Beberapa alasan di bawah ini, mungkin bisa menjadi pertimbangan kenapa batu garut hijau tidak boleh mendapat panas yang berlebihan.

Batu garut hijau

Alasan tidak boleh menjemur batu garut hijau seharian

  • Batu akan mengalami dehidrasi sehingga tampak warna hijau semakin memudar
  • Bisa membuat batu menjadi retak, awalnya muncul retak halus di permukaan
  • Bisa membuat batu lambat dalam proses kristal, karena unsur air hilang dari dalam
  • Bisa membuat batu jatuh dan pecah menjadi dua, bila penempatan untuk menjemur sembarangan
  • Mengurangi keindahan kilau batu garut hijau itu sendiri
  • Kemungkinan lupa untuk mengangkat bisa terjadi, karena terlalu lama menjemur
  • Membuat harga jual batu turun 

Dalam segi merawat batu garut hijau, pemanasan cukup dilakukan secara tidak berlebihan, asalkan stagnan atau mendapat cukup hawa panas, batu akan bisa berproses secara alami dengan sendirinya. Lebih bagus lagi, cukup menjemur selama 1 sampai 3 jam, angkat batu lalu simpan dalam tempat yang aman atau sobat bisa memakainya terus di jari tangan.

Batu garut yang berwarna hijau muda, bila sudah memasuki tahap proses kristal akan berubah menjadi hijau tua dan serat di dalam batu akan menggumpal serta terlihat lebih bening dari sebelumnya. Bila sudah demikian, batu garut hijau akan lebih mahal harganya dari sebelum mengalami proses tersebut.

Beberapa beberapa alasan di atas cukup masuk akal, karena saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Oleh sebab itu, artikel ini saya buat agar sobat tidak mengalami kesalahan yang pernah saya buat.

Semoga info singkat ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat, khususnya bagi sobat yang memiliki batu garut hijau. Jangan lupa baca juga yang satu ini Inilah batu giok aceh dan cara merawat dengan mudah

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon