Selasa, 02 Februari 2016

Batu Bulu Monyet dan Cara Merawat Bahan Batunya

Halo sobat goresan pemikiran, berbicara tentang batu akik memang tidak ada habisnya, seperti yang akan Saya ulas kali ini yaitu tentang batu bulu monyet dan cara merawat bahan batu tersebut. Batu dengan jenis bulu monyet banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia, setiap daerah pasti mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki batu jenis yang sama didaerah lain. Bila sobat termasuk salah satu pecinta batu ini, ulasan kali ini sangat cocok untuk dibaca dan dipelajari.

Batu bulu monyet, mempunyai warna mirip dengan bulu hewan berbuntut yang biasa hidup di hutan belantara. Serat batu terlihat hidup bila digerakkan ke kanan dan ke kiri, dan akan semakin indah bila batu sudah menjadi tua.

Untuk merawat bahan batu bulu monyet, diperlukan cara yang cerdas. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh sesepuh batu akik, adalah dengan teknik rendam. Teknik ini bisa dibilang sangat ampuh untuk meningkatkan performa bahan batu sehingga mudah untuk mengeluarkan kerlip khas batu bulu monyet. Berikut ini, adalah cara lengkapnya. 

Bulu monyet

Cara merawat bahan batu bulu monyet

Bahan yang digunakan:

  • Wadah rendam, bisa berupa ember atau botol yang terbuat dari plastik
  • Air sumur, air mineral, air es
  • Garam dapur halus 1 sendok teh
Caranya sebagai berikut:
  • Bersihkan terlebih dahulu wadah yang akan digunakan
  • Campur ketiga jenis air diatas dalam wadah
  • Masukkan garam, lalu aduk hingga garam larut
  • Masukkan bahan batu bulu monyet
  • Rendam selama satu bulan

Dengan teknik rendam diatas, batu akan mengeras dan mulai memunculkan kerlip di permukaan sebagai salah satu ciri khas batu bulu monyet. Selain itu bila dalam waktu 1 bulan air sudah mulai keruh, tambahkan air es sedikit sampai bahan batu terlihat bagus dan tua. Biasanya hasil yang maksimal akan terlihat dalam kurun waktu 3 sampai 4 bulan, tergantung kualitas bahan batu bulu monyet itu sendiri.

Campuran dari ketiga air tersebut bisa membuat bahan batu semakin bagus, karena kandungan yang terdapat dalam air sumur, air mineral dan air es serta garam sangat membantu dalam proses tersebut. 

Semoga info singkat tentang batu bulu monyet dan cara merawat bahan batunya bisa menambah wawasan dan bermanfaat, jangan lupa baca juga yang satu ini cara menghilangkan warna putih batu ruby

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon