Sabtu, 30 Januari 2016

Batu Black Opal dan Dua Teknik Cara Merawat Dengan Lumpur

Black opal masih menjadi sebuah batu misteri bagi para pecinta nya, rasa penasaran karena susah dalam menimbulkan jarong batu tersebut, membuat sebagian gemslover sedikit frustrasi. Sebenarnya, kembang kilau yang timbul di permukaan batu tersebut bisa langsung muncul disebabkan oleh beberapa faktor penentu. Salah satunya adalah bibit perak yang banyak. Jadi bila bahan batu mempunyai bibit yang banyak, sudah barang tentu akan timbul jarong.

Salah satu cara yang Saya suka adalah dengan merawat batu black opal yang masih tertutup lumpur, dengan begitu ketika Saya mengupas kulit akan langsung timbul bibit yang sudah berwarna. Cara ini termasuk minim risiko, karena dengan proses pemanasan yang hebat tidak akan membuat batu menjadi retak karena masih tertutup lumpur.

Teknik merawat black opal yang masih tertutup lumpur terbagi menjadi beberapa bagian, salah satunya dengan membakarnya dan dengan merawat bahan batu tersebut apa adanya. Konon teknik ini, bisa menghasilkan bibit jarong yang langsung berwarna dan berkilau atau hidup.


Berikut ini teknik bakar dengan kulit lumpur batu black opal

  • Siapkan bahan yang masih ada kulit lumpur
  • Rendam dengan minyak zaitun
  • Bungkus dengan kapas
  • Bungkus dengan aluminium foil
  • Bakar dengan bara batok selama lima menit
  • Angkat dan dingin kan  
  • Buka aluminium foil lalu gosok dengan ampelas

Jika sobat ingin memakai cara merawat tanpa dibakar, cukup lakukan cara dibawah ini.
  • Rendam bahan batu yang masih ada kulit lumpur nya dengan campuran minyak kayu putih dan minyak bayi selama tiga bulan 
  • Setiap hari wajib dijemur seharian tanpa minyak rendam
  • Lalu direndam kembali malam harinya

Dari pengalaman Saya dan teman sesama pecinta batu black opal, dua cara diatas cukup efektif membuat batu mengeluarkan bibit jarong yang bagus. Namun, harus diingat setiap sesuatu tidak bisa instan jadi harap bersabar dalam setiap prosesnya atau lebih bagus lagi nikmatilah proses yang terjadi dengan batu black opal.

Semoga info tentang batu black opal dan dua teknik cara merawat dengan lumpur bisa bermanfaat dan menambah wawasan, jangan lupa baca juga yang ini gelang batu Ruby dan cara perawatan mudah

2 comments

Salam jarong gan,ane mau tanya lagi hehe.....
Tadi siang ane angkat BO ane dr rendaman air hujan,setelah beberapa menit kering ane basahin lg BO td.alangkah kagetnya ane,ternyata jelynya ada jarongnya dan seratnya jg kluar jarong.ane ulangi lagi jarongnya mrembet tambah banyak.tp jarongnya hilang lg kl BOnya basah.
Pertanyaannya :
tretmen yang pas buat bo(ruyung) ane apa ya...maunya ane yang non minyak.
Trus apakah tretmen kebetulan ane bisa diterusin sampe jarongnya full??
Trims gan.

Treatment jarong ruyung bisa pakai air hujan atau air pompa gan Shayna.
teruskan eksperimen nya. Salam jarong juga.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon