Minggu, 30 Juli 2017

Batu Akik Pandan dan Cara Merawat Dengan Belimbing Wuluh

Halo sobat goresan pemikiran, melanjutkan artikel tentang batu pandan, kali ini Saya akan mengulas tentang cara merawat batu tersebut menggunakan teknik rendam dengan cairan dari buah belimbing wuluh.

Batu pandan yang identik sebagai batu yang memiliki tingkat kristal cukup tinggi serta alur serat yang eksotik, merupakan magnet tersendiri bagi pecinta nya. Ketika demam batu akik belakangan tahun ini melanda Indonesia, batu pandan banyak dicari para pemula yang ingin memiliki batu yang konon dimiliki oleh hampir semua jagoan betawi.

Bagi yang sudah kawakan dengan hobi batu akik, merawat batu pandan yang masih muda cukup mudah, namun lain hal dengan yang masih baru mengenal dunia batu akik. Untuk sobat yang masih baru dan memiliki batu pandan yang masih muda, sobat hanya perlu melakukan langkah dibawah ini yang Saya rasa semua orang bisa melakukannya.

batu akik pandan

Cara merawat batu pandan dengan belimbing wuluh

Bahan-bahan:

  • 4 buah belimbing sayur atau belimbing wuluh
  • Wadah rendam


Caranya sebagai berikut:
  • Cuci bersih buah belimbing sayur, lalu parut 
  • Peras parutan belimbing hingga mengeluarkan air
  • Masukkan air perasan tersebut kedalam wadah
  • Masukkan batu pandan, lalu rendam selama satu minggu
  • Angkat dan biarkan kering
  • Lalu rendam kembali selama dua minggu dengan air perasan yang baru

Itulah cara mudah dalam merawat batu pandan dengan teknik rendam menggunakan buah belimbing wuluh, menurut pengalaman para sesepuh batu pandan, cara ini sangat bagus untuk mengangkat kapur serta membuat warna batu menjadi lebih keluar.

Apabila sudah genap satu bulan sobat merendam batu pandan, angkat dan poles batu menggunakan kulit atau kertas intan. Satu hal lagi, cara ini hanya untuk batu yang masih muda, jadi jangan merendam batu yang sudah tua karena bisa berbahaya.

Semoga artikel tentang batu pandan ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon