Sabtu, 30 Januari 2016

Bahan Bacan Gulau dan Cara Merawat Dengan Teknik Rendam

Bacan gulau salah satu dari jenis batu asal Ambon yang banyak beredar, dan menjadi varian dari jenis batu bacan. Bahan batu jenis ini umumnya sudah berwarna hijau dan terdapat titik putih serta hitam dalam bahan batunya. Sepintas mirip dengan batu giok asal aceh, namun yang membedakan terdapat pada serat serta warna dari bahan batu tersebut.

Untuk merawat bahan batu bacan gulau, sebenarnya tidak terlalu sulit karena bahan batu jenis ini sedikit berbeda dengan bahan batu bacan lumut, sobat ingin tahu perbedaannya silahkan baca disini perbedaan batu bacan lumut dengan batu bacan gulau.

Dalam teknik ini, Saya menggunakan cairan minyak zaitun yang dicampur sedikit minyak kayu putih dalam sebuah wadah tertutup rapat. Ingin tahu detail teknik yang Saya lakukan untuk merawat bahan batu bacan gulau tersebut, silahkan baca langkah demi langkah dibawah ini.

Bacan gulau

Teknik merawat bahan batu bacan gulau

Bahan yang diperlukan;
  • Wadah yang mempunyai tutup
  • Minyak zaitun
  • Minyak kayu putih
Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan bahan batu bacan gulau, bersihkan bila batu dalam keadaan kotor menggunakan tisu halus atau kain bersih
  • Masukkan minyak zaitun dan minyak kayu putih
  • Aduk rata dengan perbandingan minyak zaitun 2;1 minyak kayu putih
  • Biarkan campuran minyak selama lima menit lebih
  • Masukkan bahan batu kedalam wadah
  • Tutup rapat dan simpan ditempat aman

Teknik diatas bisa dilakukan selama tiga bulan lebih dan tidak perlu dijemur di panas matahari, cukup diletakkan ditempat yang cukup pengap seperti atas plafon atau atas lemari. Bila ingin melihat proses yang dilakukan, buka setiap bulan saja untuk lebih aman nya.

Beberapa sesepuh batu bacan mengatakan, teknik rendam dengan memanfaatkan hawa pengap sangat bagus untuk perkembangan bahan bacan gulau karena mirip seperti habitat asli dari batu tersebut. Tapi, teknik ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Semoga info singkat tentang merawat bahan bacan gulau ini bisa bermanfaat, jangan lupa baca juga yang satu ini batu black opal dan dua teknik merawat dengan lumpur

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon