Rabu, 02 Desember 2015

Tips Cara Perawatan Untuk Koleksi Batu Akik

Halo sobat goresan pemikiran, bermain batu akik merupakan satu kesenangan tersendiri bagi yang hobi. Berbagai jenis dan bentuk batu akik yang kita koleksi, kadang menjadi satu investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Sebuah perawatan harian untuk batu akik yang dimiliki serta punya nilai tinggi, merupakan keharusan bagi setiap pemilik batu akik tersebut. Sebagai contoh seorang kolektor batu bacan yang Saya kenal, mampu menghabiskan biaya hingga ratusan ribu hanya untuk merawat serta membentuk bahan batu yang sudah layak bentuk.

cara perawatan koleksi batu akik

Bagi sobat yang punya koleksi hanya sebatas empat sampai enam buah batu akik, Saya rasa tidak terlalu mahal biaya perawatan hariannya, namun bagi yang punya puluhan cincin batu dan bahan batu pasti merasakan pengeluaran untuk merawatnya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Saya akan bagi tips singkat untuk cara perawatan koleksi batu akik agar sobat tidak mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

Tips Cara Perawatan Untuk Koleksi Batu Akik

  • Bila sobat punya banyak bahan batu, pisahkan bahan dengan tingkat kristal yang lumayan bagus
  • Pisahkan juga bahan batu yang belum punya tingkat kristal yang bagus dalam sebuah ember
  • Untuk bahan yang belum kristal, rendam dengan air yang dicampur garam dapur
  • Untuk yang sudah kristal, rendam dengan air saja
  • Bila bahan sudah dibentuk dan digosok poles atau yang sudah dijadikan mata cincin, oleskan baby oil di permukaan batu setiap tiga hari sekali
  • Dalam dua minggu sekali, jemur bahan batu serta batu yang sudah diikat cincin selam 1 jam saja
  • Minimal satu bulan sekali, bersihkan semua koleksi batu akik sobat. Baik yang masih bahan batu dan yang sudah diikat cincin


Cara perawatan batu akik diatas, sering dilakukan para kolektor untuk menjaga keindahan serta tampilan yang menarik dan alami batu akik mereka. Bagi sobat yang punya uang lebih, merendam bahan batu akik dengan air kelapa hijau juga saya sarankan agar batu menjadi lebih bagus lagi.

Intinya, segala sesuatu yang dirawat dengan baik, tentu akan menghasilkan yang baik juga. Demikian juga dengan batu akik, yang akan selalu tampil dengan performa  terbaik bila dirawat dengan benar.

Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan dan memotivasi sobat dalam melakukan cara perawatan harian untuk koleksi batu akik yang dimiliki, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Cara agar batu hijau garut semakin indah dan mahal

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon