Selasa, 01 Desember 2015

Pentingnya Titik Silver Untuk Bahan Batu Black Opal

Halo sobat goresan pemikiran, sobat punya batu black opal yang belum keluar jarong tapi memiliki jelly seperti contoh gambar dibawah ini? jika benar, Saya ucapkan selamat karena sobat sudah menjalani separuh dari cara perawatan untuk menimbulkan jarong.

Banyak bahan batu black opal yang Saya jumpai kadang tidak memiliki getah kayu atau jelly di permukaan bahkan didalam batunya, hal ini yang menyebabkan perawatan batu black opal tidak bisa maksimal.

Bagaimana caranya agar bisa menimbulkan jelly atau getah kayu? dalam beberapa artikel sebelumnya sudah Saya ulas tentang hal tersebut, namun intinya adalah dengan cara pemanasan, baik menggunakan matahari, lampu pijar dan semua alat yang bisa menimbulkan hawa panas.

pentingnya titik silver black opal

Bagaimana bila sudah dipanaskan tidak muncul jelly atau getah kayu? untuk itu, sebaiknya sobat melihat lagi bahan batu yang sobat miliki, apakah sudah punya kerlip perak diseluruh permukaan dan didalam bahan batunya atau tidak sama sekali. Karena titik perak tersebut, adalah salah satu ciri dari bahan batu black opal yang berkualitas.

Bila sobat sudah punya bahan batu yang punya titik perak, dalam sekejap jika sobat melakukan cara perawatan yang Saya tulis dibawah ini akan langsung muncul jelly atau getah kayu.

Inilah cara perawatan nya?

  • Siapkan wadah, lalu tuangkan minyak zaitun atau baby oil
  • Rendam bahan batu atau batu yang sudah dibentuk kasar dan belum dipoles
  • Panaskan batu dengan cara dijemur selama tiga jam, atau diletakan dibawah lampu pijar
  • Lihat perkembangan dalam satu minggu


Cara perawatan diatas, sebenarnya sudah sering Saya ulas dalam postingan sebelumnya, namun disini Saya ulas lagi secara singkat agar sobat bisa paham dan mengerti pentingnya titik perak atau silver untuk bahan batu black opal.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca blog goresan pemikiran, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Ciri jelly batu black opal yang tidak berkembang atau mati

4 comments

Siip infonya bang den...semoga ilmunya bermanfaat terus..Amin...

bos punya ane udah kluar titik jarong'a warna hijau pake trickment lampu pijar..campuran minyak jaitun baby oli.. yg ane mau tanyain ko jarong'a ilang lagi ya...kenapa bisa begitu bos.

mungkin jarongnya belum keluar sempurna bang samsudin, kalau bisa jika sudah keluar jarong, jangan full rendam batunya.

Ane punya banyak bos BO dgn titik silver,tp kapan titik2 itu berubah jadi jarong & caranya gmn?
Padahal udah ane panggang,rendam jemur,rendam ini-rendam itu...tp tetep aja ga brubah jadi jarong.padahal titiknya udah biru,hijau tp kecil bgt.
Mohon arahan Bos deni,
TQ & sukses selalu,,salam jarong!

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon