Kamis, 24 Desember 2015

Cara Tes Batu Getah Katilayu Asli

Mitos tentang batu getah katilayu memang sangat asyik untuk diperbincangkan, karena batu akik tersebut sangat terkenal dikalangan para pecinta hobi yang sangat butuh kesabaran yaitu mancing.

Konon, batu getah katilayu sangat ampuh untuk membuat ikan menjadi lapar dan agresif terhadap umpan yang diberikan. Harga yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai jutaan rupiah untuk batu yang asli dan sudah terbukti ampuh dalam membuat mata pancing bergoyang karena disambar ikan.

Untuk bisa mendapatkan batu getah katilayu yang asli, sobat harus bisa membedakannya agar tidak tertipu dengan yang palsu. Untuk itu, tips dibawah ini bisa membantu dalam membedakan mana batu getah katilayu asli dan mana yang bukan.

cara tes batu katilayu asli

Cara tes batu katilayu asli


Alat yang digunakan:
  • Senter
  • Air

Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan senter, lalu sorot batu katilayu bila berwarna merah agak tua itu asli
  • Rendam batu dalam air, jika air tidak berubah warna itu batu asli
  • Lihat serat dengan senter, bila punya serat khas kayu itu asli
  • Karena batu katilayu dari getah, tingkat kekerasan tidak terlalu tinggi dan bisa dilihat dengan cara dipegang dan disentuh
  • Bila dibawa mancing batu akan berkhasiat dengan sendiri tanpa adanya bacaan khusus

Baca juga:



Dengan cara tes diatas, sobat bisa mengetahui dengan mudah batu katilayu yang asli, namun untuk aman nya, silahkan bertanya kepada teman yang sudah tahu dan mengerti tentang batu akik tersebut.

Untuk cara perawatan, cukup sering-sering di kasih air atau dibasahi agar batu tidak menjadi retak karena kepanasan atau bisa dioles minyak bayi sedikit saja di permukaan batunya.

Akik getah katilayu termasuk ke dalam jenis akik yang memiliki tuah atau khasiat, yang mana khasiat batu akik tersebut khusus buat menarik ikan ketika mancing.

Bagaimana denga akik katilayu yang tidak memiliki khasiat?


Tentu saja akik katilayu palsu, tidak memiliki tuah atau khasiat untuk menarik ikan. Sebab tidak memiliki bau yang khas dan hanya ikan saja yang bisa merasakan nya.

Katilayu palsu umumnya di jual dengan harga sedikit murah, dibandingkan yang asli dan selisih harga bisa mencapai ratusan ribu per satu mata cincin. Jika sobat berniat membeli akik katilayu, sebaiknya periksa dan kenali dengan betul ciri-ciri akik katilayu asli, agar tidak tertipu.

Kesimpulan


Akik katilayu bisa menjadi senjata pamungkas bagi pecinta mancing mania, jika ingin mendapat ikan yang banyak. Selain menggunakan umpan, memakai akik katilayu dipercaya bisa membuat olahraga mancing semakin menarik karena ikan tak henti-hentinya menggigit kail.

Salah satu pemakai akik getah katilayu asli pernah mengatakan, akik ini memang sangat ampuh.