Sabtu, 05 Desember 2015

Cara Perawatan Untuk Memunculkan Titik Warna Bahan Batu Black Opal

Halo sobat goresan pemikiran, banyak yang bertanya kepada Saya, kenapa jarong yang timbul pada permukaan batu black opal bisa hilang. Hal tersebut, kemungkinan besar karena salah dalam teknik yang digunakan. Sebagai contoh bila sobat melakukan teknik rendam dan jarong berhasil timbul, maka tidak perlu direndam lagi, cukup oleskan minyak dan dipanaskan beberapa jam saja setiap hari.

Sebelum melakukan teknik yang sudah banyak Saya ulas dalam label tips black opal, pastikan bahwa bahan batu terdapat jelly atau getah kayu. Bila belum muncul jelly, pastikan bahan batu punya titik-titik silver di seluruh permukaan batu, karena dari situlah jarong akan muncul.

Bila bahan batu tidak mempunyai kedua ciri yang Saya sebutkan diatas, lebih baik ganti bahan batu dengan memilih yang ada ciri tersebut, lalu lakukan teknik rendam dan pemanasan.

memunculkan titik warna black opal

Faktor keberuntungan juga berperan penting dalam merawat batu black opal, sebab bahan batu juga melihat effort atau usaha dari si pemilik dalam mencoba merawat untuk menimbulkan jarong. Seperti hal yang baru ini Saya alami, bahan batu yang sering Saya gosok amplas dan oles minyak lalu jemur, dalam beberapa minggu sudah muncul bibit jarong warna yang indah.

Berikut ini cara perawatan yang saya lakukan dalam memunculkan titik warna pada bahan batu black opal yang Saya miliki.

Bahan-bahan :

  • Wadah untuk jemur
  • Amplas
  • Minyak kayu putih campur baby oil
Caranya sebagai berikut :

  • Siapkan bahan batu black opal
  • Oles minyak kayu putih yang sudah dicampur baby oil
  • Jemur dalam wadah selama 3 jam
  • Angkat dan biarkan dingin
  • Gosok dengan amplas selama 10 menit dan jangan ditekan
  • Lakukan terus sampai titik warna muncul


Itulah usaha atau cara perawatan manual yang biasa Saya lakukan selain teknik dengan rendam minyak, hasilnya lumayan bagus untuk memunculkan titik warna pada bahan batu black opal.

Kesabaran juga sangat penting dalam melakukan cara perawatan tersebut, Saya tidak bisa membayangkan jika seorang yang kurang sabar melakukan cara yang cukup menguji kesabaran ini. Bila sobat melakukannya dengan senang hati karena hobi, tentu akan terasa sangat mengasyikkan.

Semoga artikel singkat ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan sobat dalam usaha merawat bahan batu black opal, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Cara mengatasi lubang pada bahan batu pandan

2 comments

bang jelly BO saya berubah menjadi serat/rintik silver, apakah itu memang proses akan keluar warna???

salah satunya iya dan tergantung bagaimana anda membentuk bahan batu black opal, jika dibentuk dari tengah pasti jadinya rintik.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon