Senin, 14 Desember 2015

Bolehkah Mencampur Rendaman Batu Black Opal Dengan Batu Akik Lainnya

Bolehkah mencampur rendaman batu black opal dengan batu akik lainnya - Pertanyaan ini sering Saya baca dalam kotak masuk email dari beberapa pecinta batu black opal yang ingin bertanya tentang cara perawatan batu tersebut. Untuk menjawabnya, Saya coba jelaskan tentang pertanyaan tersebut dalam posting yang singkat namun padat kali ini.

Batu black opal adalah batu yang menjadi rebutan dan sorotan para pecinta batu karena warnanya yang indah serta harga jual kembali yang lumayan tinggi. Tapi, tidak semua bahan batu bisa langsung menjadi bagus karena umumnya bahan batu black opal masih harus dirawat terlebih dahulu.

rendam bahan batu black opal

Dalam merawat batu black opal atau yang biasa disebut BO, ada yang menggunakan teknik rendam dan ada juga yang menggunakan teknik gosok. Jika sobat menggunakan teknik rendam, usahakan cairan rendam harus dikhususkan dan jangan mencampur dengan jenis bahan yang lain karena bisa berisiko membuat bahan batu tersebut tidak optimal proses nya.

Dibawah ini adalah beberapa alasan yang Saya ketahui, mengapa tidak boleh mencampur cairan rendaman batu black opal dengan batu akik lainnya.

  • Perbedaan jenis serat dan unsur dalam batu 
  • Tingkat kekerasan batu yang berbeda
  • Perbedaan hasil akhir 
  • Lubang pori-pori batu berbeda
  • Mineral dalam batu lebih sensitif
  • Kandungan air yang banyak dari bahan batu black opal 


Dari penjelasan diatas kita bisa ketahui bahwa batu black opal tidak bisa dicampur dengan batu akik lainnya dalam hal perawatan, namun dalam hal menjemur batu tersebut bisa dilakukan bersama dalam satu wadah yang besar.

Satu hal yang bisa dipastikan bila batu black opal direndam bersama batu lainnya akan membuat jarong tidak mau muncul karena adanya unsur yang lain dalam sebuah wadah rendam.

Semoga penjelasan Saya ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat yang ingin merawat batu black opal dari bahan yang masih hitam, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Pentingnya titik silver untuk bahan batu black opal

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon