Sabtu, 26 Desember 2015

Bahan Batu Getah Katilayu dan Cara Perawatan

Akik getah katilayu - Banyak pertanyaan dari para gemslover kepada saya tentang cara perawatan bahan batu getah katilayu yang bagus itu seperti apa, berhubung jawaban tersebut tidak bisa singkat, kali ini Saya akan membahas tentang perawatan bahan batu tersebut.

perawatan bahan batu getah katilayu

Untuk bisa merawat bahan batu getah katilayu, sobat harus tahu apa saja kandungan dari batu tersebut. Menurut pakar gemologi, batu katilayu berasal dari getah pohon katilayu yang mengeras karena proses perubahan iklim berpuluh tahun lamanya.

Getah yang dihasilkan dari pohon tersebut, bisa mengeluarkan bau yang hanya bisa dicium oleh hewan air seperti ikan, itulah sebabnya banyak yang menggunakan batu ini untuk aktivitas seperti memancing.

Bila sobat mempunyai bahan batu getah katilayu, berikut ini adalah cara perawatan yang mudah untuk batu tersebut.


Cara perawatan bahan batu getah katilayu


Bahan-bahan:

  • Wadah besar
  • Air sumur
  • Garam halus 1/2 sendok teh


Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan bahan batu getah katilayu, bila bahan tersebut agak kotor bersihkan dengan air mengalir dan sikat gigi halus, lalu keringkan
  • Masukkan air dan garam halus dalam wadah, lalu aduk sampai garam larut
  • Masukkan bahan batu lalu rendam selama dua minggu
  • Setelah dua minggu, angkat bahan batu dan ganti air rendaman
  • Masukkan bahan batu dan rendam kembali sampai sobat memutuskan untuk membentuknya


Cara diatas khusus untuk bahan batu getah katilayu yang masih bongkahan, untuk yang sudah dipotong kecil, tidak usah menggunakan garam halus cukup air sumur saja.

Baca juga yang ini: Cara tes batu getah katilayu asli

Itulah cara perawatan bahan batu getah katilayu yang sudah terbukti ampuh dalam menambah performa dan warna dari batu tersebut, apabila ada pertanyaan, silahkan komentar dibawah artikel ini atau hubungi Saya lewat email yang terdapat dalam pages contact diatas.

Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan, salam gemslover.