Minggu, 27 Desember 2015

Alternatif Pengganti Minyak Zaitun Untuk Merawat Batu Black Opal

Halo sobat goresan, memiliki bahan batu black opal dalam jumlah banyak tentu merupakan keuntungan tersendiri, namun dari segi perawatan mungkin ada beberapa gemslover yang mengeluh karena mahal nya minyak zaitun sebagai salah satu cairan yang bagus dalam merawat batu black opal.

Untuk mencari alternatif cairan minyak lain untuk pengganti minyak zaitun, sobat harus bisa memilih minyak yang sesuai dan cocok untuk batu black opal, Saya pribadi menyarankan minyak kelapa atau minyak goreng bungkusan, karena selain harganya murah, minyak tersebut banyak dipakai oleh sesepuh batu black opal pada jaman dahulu kala.

Kenapa minyak kelapa atau minyak goreng curah tidak bisa dipakai?
Menurut pengalaman, minyak curah bisa membeku dan mengental bila terkena udara dingin dan tingkat kekentalan nya terlalu tinggi, sedangkan untuk merawat batu black opal tidak bagus dengan minyak yang kental.

alternatif minyak merawat black opal

Bagaimana dengan minyak bayi atau baby oil?
Minyak ini bisa juga dijadikan alternatif cairan pengganti minyak zaitun, namun harga dari minyak tersebut lumayan mahal sehingga bila sobat punya bahan batu yang banyak, mungkin sobat berfikir dua kali untuk menggunakannya.

Sebagai catatan, minyak hanya membantu proses keluar jarong, untuk bisa keluar dengan maksimal bahan batu juga harus diperhatikan kualitasnya. Bila dalam beberapa bulan belum timbul perubahan yang maksimal, sobat harus berfikir untuk mengganti dengan bahan batu yang lain.

Alternatif lain adalah dengan mencampur sedikit minyak zaitun dengan teh basi, cara ini sudah dibuktikan keampuhan nya oleh sesepuh batu black opal dari daerah Citayem dan Saya pun pernah tulis artikel tentang hal tersebut. Bila sobat penasaran dengan caranya, baca disini cara merawat batu black opal dengan teh basi

Menurut pengalaman pribadi, alternatif minyak untuk merawat batu black opal Saya rangkum dibawah ini:

  • Minyak goreng bungkusan
  • Minyak bayi atau baby oil
  • Minyak kemiri
  • Campuran minyak zaitun dengan teh basi


Dari ke empat minyak yang Saya sebutkan diatas, sobat bisa pilih yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat, salam gemslover.

4 comments

Terima kasih banyak boss atas infonya....

Tanya lagi bos,apa cuma BO CIKOLE yg bisa jarong bos,soalnya udah 5bln ane ngrawat bibitpun tak kunjung muncul.
Mohon infonya??trims

Semua Batu Black opal bisa jarong, asalkan punya bibit jarong di permukaan maupun dalam batunya bos. coba dilihat lagi batunya apakah punya bibit jarong atau tidak.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon