Rabu, 09 Desember 2015

Alternatif Pemanasan Untuk Batu Kalimaya

Tags

Halo sobat goresan yang suka batu kalimaya, bila sobat bingung mencari cara untuk membuat batu tersebut mengeluarkan jarong dengan teknik pemanasan,  kali ini Saya akan bagi tips alternatif cara untuk memanaskan dan merawat batu kalimaya dengan alat yang berada di sekitar kita.

Pemanasan sangat penting untuk batu kalimaya, karena dengan suhu yang panas batu akan berproses dan mengeluarkan kilau jarong yang indah. Cara memanaskan batu tersebut berbeda pada setiap orang, ada yang menjemur nya setiap hari dan ada juga yang membakar batu kalimaya.

Beberapa alat alternatif untuk memberikan hawa panas dibawah ini mungkin bisa sobat pilih dalam upaya untuk merawat batu kalimaya yang dimiliki.

alternatif pemanasan untuk batu kalimaya

Alternatif pemanasan untuk batu kalimaya

1. Alat pemanas nasi
Alat rumah tangga yang satu ini cukup banyak dimiliki oleh semua orang, untuk itu alat ini bisa digunakan dengan cara meletakkan batu kalimaya diatas alat tersebut dengan menggunakan wadah yang terbuat dari besi.

2. Alat pengusir nyamuk elektrik
Alat ini sangat ampuh dalam mengeluarkan hawa panas yang dibutuhkan batu kalimaya, caranya cukup letakkan batu diatas alat tersebut lalu hubungkan dengan sumber listrik. Agar proses pemanasan ini berjalan bagus, letakkan alat ditempat yang tidak bisa di jangkau oleh anak.

3. Kompresor belakang lemari 
Lemari es atau kulkas bisa dijadikan alternatif hawa panas untuk proses batu kalimaya, caranya cukup letakkan batu dalam wadah, lalu letakkan diatas kompresor lemari es. Berhubung alat yang satu ini cukup panas, silahkan oles batu terlebih dahulu dengan minyak.

Dari ketiga alat rumah tangga yang saya anjurkan diatas, sobat bisa memilih salah satunya sebagai alternatif hawa panas bagi batu kalimaya. 

Harap diingat, dalam proses tersebut jangan terlalu lama memanaskan nya karena bisa membuat batu menjadi retak, cukup panaskan sekitar satu sampai dua jam saja. Panas yang bagus adalah panas yang berkesinambungan bukan panas yang hebat dalam satu waktu.

Bila sobat merasa cara ini cukup membantu dalam merawat batu kalimaya, Silahkan share ke sesama teman pecinta batu agar bisa saling berbagi dalam teknik perawatan.

Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

3 comments

Itu kalimaya perlu di oles minyak apa ga tuh bos den? Klo iya,minyak yg cocok apa tuh bos..mksih..

Kalau saya pribadi lebih suka minyak yang tidak mengandung unsur panas seperti baby oil atau zaitun, tapi pakai kayu putih juga bisa namun cepat menguap.

Ok bos..oh iya nih bro punya ane kalimaya dah pada jarong.tp saat ini ane simpen dgn du rendam pake air hujan yg langsung m'netes.pengaruh apa yg terjadi nih bos ke depan..ada efek gak..?

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon