Senin, 16 November 2015

Perbedaan Batu Bacan Rawatan Alami Dan Yang Bukan

Batu bacan masih menjadi sebuah batu yang cukup diminati para pemburu batu akik, hal ini terbukti dengan semakin jarang nya bahan batu yang berkualitas bagus dan alami yang dijual di pasaran. Kebanyakan bahan batu yang dijual masih muda dan walaupun ada yang sudah hijau, itupun hasil perendaman dengan bahan kimia yang bisa mempercepat proses warna hijau.

Saya punya kenalan seorang yang bergelut dalam hal perawatan batu bacan, beliau menuturkan bahwa untuk membuat batu menjadi hijau hanya perlu dua minggu saja. Hasil rawatan tersebut tidak bisa dibedakan dengan mata biasa karena hampir mirip yang alami, Saya pun sempat terkecoh namun ada ciri yang sangat signifikan yang tidak bisa disembunyikan.

perbedaan bacan alami dan bukan

Mengenai ciri tersebut beliau meminta Saya untuk tidak menyebarkan melalui blog ini, karena bisa membuat pelanggan nya menjadi tidak percaya lagi. Berhubung Saya menghormati beliau karena salah seorang sesepuh batu akik, Saya tidak akan mengupas hal tersebut namun hanya membagi cara membedakan secara umum saja.

Perbedaan bacan rawatan alami dan yang bukan

  • Batu bacan alami terlihat begitu indah dan perpaduan antara warna dan serat terlihat alami, sedangkan yang rawatan kimia serat terlihat timbul dan berantakan
  • Sering terdapat titik putih untuk batu rawatan kimia yang sulit dibedakan 
  • Berat batu begitu berbeda, yang alami berat sedangkan yang bukan alami ringan
  • Tingkat kejernihan batu yang alami masih menyisakan gumpalan hijau, sedangkan yang bukan alami terlihat plong
Dari beberapa ciri diatas, bisa dilihat secara umum menggunakan mata biasa, namun bagi yang sudah berpengalaman, masih banyak lagi ciri yang bisa membedakan antara batu bacan alami dan batu bacan hasil rawatan kimia.

Bagi sobat yang mengikuti dan membaca artikel blog ini, pasti tahu bagaimana cara perawatan yang alami dengan menggunakan teknik dan cairan yang tidak mengandung unsur kimia. Sebagai catatan saja, tips perawatan batu bacan sudah Saya posting hampir sebanyak 170 buah artikel dan bisa menjadi rujukan sobat dalam merawat batu bacan secara alami.

Semoga apa yang singkat in bermanfaat dan menambah wawasan, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Cara memilih bahan batu halmahera yang bagus

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon