Selasa, 10 November 2015

Cara Perawatan Batu Kalimaya Dengan Teh Asam

Tags

Halo sobat goresan, kali ini salah satu cara yang bisa sobat pilih dalam merawat batu kalimaya yaitu dengan cairan teh asam. Cairan ini berguna untuk membuat batu bisa berproses mengeluarkan jarong dengan cara alami dan tidak berbahaya, sekaligus bisa membuat batu semakin bening.

Apa saja sih yang harus disiapkan untuk merawat batu kalimaya dengan teknik rendam teh asam? Karena teknik ini menggunakan teh, bahan utama yang harus ada adalah teh yang sudah asam, untuk mendapatkannya teh harus disimpan selama tiga sampai lima hari tanpa tambahan bahan apapun termasuk gula pasir.

Selain itu siapkan juga wadah rendaman yang terbuat dari tembikar atau tanah liat, agar proses bisa maksimal. Kenapa harus wadah tanah liat atau tembikar? karena wadah tersebut bisa menyerap asam yang dikeluarkan teh sehingga bisa menambah proses semakin cepat dan bagus.

perawatan kalimaya dengan teh asam

Cara perawatan batu kalimaya dengan teh asam

Bahan-bahan :
  • Wadah tembikar
  • Teh asam
Caranya sebagai berikut :
  • Siapkan wadah tembikar
  • Isi dengan teh, lalu biarkan proses asam selama 5 hari
  • Masukkan batu kalimaya setelah teh tercium bau asam
  • Biarkan terendam selam kurang lebih satu bulan

Cara diatas lebih bagus bila batu kalimaya sudah dibentuk menjadi mata cincin, bila masih berupa bahan batu, halus kan permukaan nya saja sampai semua lumpur hilang. baru setelah itu ikuti cara perawatan diatas.

Teknik ini bisa digunakan untuk batu kalimaya jenis apa saja, namun tidak bisa untuk jenis kalimaya bunglon. Selama melakukan teknik ini, wadah harap disimpan ditempat sejuk dan jangan terkena sinar matahari.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan, salam gemslover.

1 comments so far

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon