Kamis, 12 November 2015

Cara Merawat Batu Black Opal Dengan Santan Kelapa

Cara merawat batu black opal dengan santan kelapa - Merawat batu black opal masih merupakan hobi yang sangat mengasyikkan, bukan karena batu tersebut punya nilai tinggi tapi karena melihat proses jarong yang muncul akan membuat hati para pecinta batu tersebut semakin cinta akan batu black opal. Terkadang ada yang berhasil menimbulkan jarong. tapi ada juga yang sulit atau belum berhasil memunculkan jarong.

Banyak cara dan teknik dalam perawatan batu black opal sudah Saya bagi dalam artikel tips black opal, untuk itu kali ini saya bermaksud untuk membagi tips cara merawat dengan teknik rendam menggunakan santan kelapa.

Bahan utama yang dalam perawatan ini tentu saja santan kelapa, sobat bisa membuat sendiri santan kelapa tersebut atau membeli yang sudah jadi. Untuk detail caranya, bisa dilihat dibawah ini.

merawat black opal dengan santan

Cara merawat batu black opal dengan santan kelapa

Bahan-bahan :
  • Santan kelapa
  • Wadah tertutup

Caranya sebagai berikut :
  • Siapkan batu black opal yang sudah ada bibit jarong atau kerlip silver
  • Masukkan ke dalam wadah
  • Isi wadah dengan santan kelapa
  • Tutup rapat wadah dan simpan dalam tempat gelap

Cara perawatan diatas membutuhkan waktu kurang lebih satu sampai dua bulan, namun bila sobat ingin melihat hasil dalam dua minggu silahkan saja. Kenapa Saya sarankan untuk menyimpan dalam tempat gelap, karena proses batu black opal biasanya di malam hari yang mana biasanya gelap gulita.

Tips:
Jika sobat menggunakan santan kelapa yang instan, cukup potong ujung kotak kardus nya lalu masukkan batu black opal ke dalam kardus santan kelapa instan dan tutup dengan steples atau karet lalu simpan. Apabila menggunakan santan hasil bikin atau olahan sendiri, masukkan sedikit ampas kelapa ke dalam wadah rendaman untuk memaksimalkan jalan nya proses jarong.

Semoga cara merawat batu black opal dengan santan kelapa ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan sobat pembaca setia blog ini. Jangan lupa baca cara perawatan batu akik lainnya, mulai dari batu bacan sampai batu solar aceh. Salam gemslover.

Baca juga yang ini : Cara memilih bahan batu akik yaman api lombok

2 comments

Siip ..bos deni.oh iya bang deni sya pengen kirim foto Bo sya yg udh pd jarong yg mengunakan tips2 dr bos deni..tp ke mna..

Silahkan kirim via email bos santo , saya akan senang menerima gambar tersebut, nanti akan saya buat galeri foto. email saya ada di pages contact us.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon