Rabu, 18 November 2015

Beberapa Cara Perawatan Gratis Batu AkikYang Harus Diketahui

Batu akik merupakan sebuah hobi yang bisa bikin pemiliknya rileks dan juga bisa dijadikan alternatif tambahan pemasukan, namun bagi sebagian pecinta batu akik, memiliki banyak koleksi batu juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan, asalkan batu akik yang dikoleksi termasuk batu yang langka dan tidak cacat.

Kenapa demikian, karena beberapa jenis batu memiliki harga yang tinggi bila sudah tua dan kristal, contohnya batu safir ceylon asal srilanka, batu bacan dan lain sebagainya. Agar bisa membuat batu akik menjadi sebuah investasi dan benda seni yang tak ternilai, dibutuhkan cara perawatan yang maksimal yang bisa dilakukan setiap hari.

cara perawatan gratis batu akik

Salah satu cara perawatan batu akik yang simpel adalah ;

1. Tempat penyimpanan batu akik

Dengan menggunakan tempat penyimpanan yang bagus dan sesuai dengan karakter batu itu sendiri, proses batu akan semakin alami. Hal ini banyak dilakukan sesepuh batu akik agar batu selalu dalam kondisi prima dan indah saat dipakai dijari tangan.

2. Menghindari batu akik dari  panas yang terik

Banyak pecinta batu beranggapan bahwa panas matahari sangat bagus untuk proses batu menjadi tua, Saya pribadi sangat setuju dengan hal itu asalkan sesuai dengan karakter batu akik. Tapi bila terlalu panas, akan membuat retak kecil yang tak terlihat dan lama kelamaan akan membuat batu akik retak luar dalam dan yang paling bahaya adalah pecah dan terbelah.

3. Membersihkan dari segala kotor

Maksud dari cara ke tiga ini adalah dengan mencuci batu akik minimal satu bulan sekali, agar batu akik dan cincinnya terlihat bersih sehingga bisa menambah penampilan yang bagus. Dengan melakukan pencucian, bisa mempermudah proses kristal pada sebuah batu akik.

4. Sekali-kali harus direndam air

Inilah teknik ter ampuh dalam proses alami batu akik, merendam dengan air akan menambah dan mempercepat proses alami batu. Caranya cukup direndam malam hari sampai pagi, lalu angkat dan keringkan.

Bila sobat melakukan keempat cara diatas, saya yakin koleksi batu akik yang ada akan semakin bagus dan bisa menaikkan harga jual dari batu akik tersebut. Adapun cara ini hanya untuk batu akik yang sudah jadi dan memerlukan perawatan, bila masih berupa bahan batu silahkan rawat dengan teknik berbeda.

Bagaimana cara merawat bahan batu akik?

Silahkan sobat telusuri blog ini dan pilih label yang sesuai dengan batu yang dimiliki, sebagai contoh bila sobat punya batu kalimaya, pilih label kalimaya.

Semoga apa yang singkat ini bermanfaat, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Khasiat batu junjung derajat

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon