Senin, 09 November 2015

Apakah Merawat Batu Kalimaya Bisa Dengan Dibakar

Tags

Apakah merawat batu kalimaya bisa dengan dibakar - Mendengar judulnya saja sudah sedikit ekstrem betul tidak sobat, tapi untuk lebih jelasnya mari kita ulas fenomena cara perawatan dengan teknik tersebut.

Batu kalimaya sepintas memang mirip dengan batu black opal, namun dari segi warna jelas berbeda. apakah cara perawatan juga sama? hampir 50 % cara perawatan nya sama, hanya saja batu kalimaya sedikit butuh cara yang lembut dan tidak ekstrem.

Bagaimana dengan cara perawatan bakar, apakah bisa dilakukan dengan batu kalimaya? Jika dilihat dari segi struktur dan elemen batu, batu kalimaya tidak bisa dengan cara perawatan bakar, batu tersebut hanya bisa melakukan cara perawatan rendam dengan menggunakan air atau minyak yang tidak terlalu panas.

batu kalimaya

Bila sobat mencoba cara perawatan bakar, walaupun batu masih berupa bahan yang tertutup karang, pasti akan membuat kalimaya retak bahkan pecah. Kenapa demikian, mari kita simak ulasannya dibawah ini.



  • Bahan batu kalimaya punya kekerasan dibawah 6 skala mohs, jadi akan retak bila terbentur atau terjatuh, apalagi dibakar dengan suhu yang tinggi
  • Umumnya bahan batu kalimaya sudah kristal, hanya saja banyak juga yang belum timbul jarong. Jadi bila batu yang sudah kristal terkena suhu panas dengan cara dibakar, sudah pasti akan hancur
  • Suhu yang bagus untuk merawat kalimaya sama dengan suhu air sungai, walaupun terkena panas matahari suhu sungai akan tetap dan tidak berubah


Kesimpulan yang bisa didapat dari ulasan diatas, batu kalimaya tidak bisa melakukan cara perawatan dengan dibakar karena akan membuat batu menjadi hancur. Jadi,  jangan mencoba cara perawatan dengan teknik bakar.

Panas yang cocok untuk batu kalimaya tidak boleh terlalu tinggi dan hanya beberapa saat, seperti menjemur nya tiga jam setiap hari. Hal ini akan membuat kalimaya bisa jarong full karena panas yang tepat dan tidak berlebihan.

Bagi sobat yang ingin merawat batu kalimaya dengan dibakar, Saya sarankan jangan melakukannya karena bukan jarong yang didapat malah garing batu kalimaya yang sobat miliki.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan, salam gemslover.

Baca juga : Cara perawatan black opal dengan jeruk nipis

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon