Selasa, 24 November 2015

Apakah Bisa Merendam Batu Red Raflesia Dengan Cairan Isotonik

Apakah bisa merendam batu red raflesia dengan cairan isotonik? pertanyaan tersebut sempat mampir dalam komentar blog sederhana milik Saya ini. Sebelum mengulas tentang pertanyaan tersebut, Saya ucapkan terima kasih kepada sobat goresan pemikiran yang masih setia mengikuti setiap artikel yang Saya tulis tentang cara perawatan batu akik dan batu mulia.

Sekilas tentang batu red raflesia, batu tersebut berjenis kalsedon dengan tingkat kekerasan sekitar 6 sampai 6,5 skala mohs. Memiliki tingkat kristal yang cukup tinggi, dan warna merah mirip minuman segar yang punya rasa manis.

Minuman isotonik adalah, sebuah minuman pengganti cairan tubuh yang banyak di jual dalam bentuk kemasan kaleng ataupun botol. Biasanya minuman ini digunakan untuk merendam batu agar bisa cepat kristal dan keluar kandungan kapurnya.

merendam batu red raflesia

Jika batu red raflesia yang sudah punya tingkat kristal tinggi direndam dengan cairan dari minuman isotonik, maka akan timbul reaksi sebagai berikut.

  • Hari pertama, batu red raflesia belum ada perubahan karena maaih dalam proses penyesuaian unsur elemen zat.
  • Hari kedua, batu mulai terlihat ada perubahan dari dalam
  • Hari ketiga, warna cairan isotonik mulai mengalami perubahan
  • Hari keempat, masih sama seperti hari sebelumnya. 
  • Hari kelima, cairan isotonik mulai keruh dan batu mulai keluar kapur
  • Hari keenam dan seterusnya, batu red raflesia akan berubah menjadi putih dan terlihat seperti diselimuti kabut putih.


Ketika sobat mulai mengangkat untuk melihat hasilnya, jangan kaget ketika warna batu tak lagi merah. Batu red raflesia berhasil mengeluarkan kandungan kapur, namun kadang diiringi dengan cacat sedikit.

Dari percobaan diatas, bisa Saya simpul kan bahwa cara perawatan dengan cairan isotonik belum tepat untuk batu red raflesia, namun untuk bahan batu kemungkinan bisa.

Semoga artikel ringan dan singkat ini bermanfaat, salam gemslover.

Baca juga yang ini : Cara perawatan batu bacan palamea yang sudah hancur

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon