Jumat, 20 November 2015

3 Teknik Ampuh Dalam Merawat Batu Red Raflesia Bengkulu

Halo sobat goresan pemikiran, salah satu batu akik yang menjadi fenomena saat ini adalah batu raflesia asal propinsi Bengkulu, batu tersebut sering menjadi barang andalan para pedagang batu akik tradisional sampai online shop batu akik yang banyak terdapat dalam media sosial.

Tapi tahukah sobat, bahwa batu raflesia banyak dicari karena tingginya permintaan dari luar Indonesia, Saya pun sempat kaget awalnya, namun berkat penelusuran bersama rekan gemslover akhirnya Saya mengetahui tentang berita tersebut.

Memang batu raflesia sangat indah, teruatama yang jenis merah seperti gambar dibawah ini. Konon batu tersebut harganya masih bertengger diatas satu juta rupiah untuk yang kualitas bagus dan sudah kristal bening. Untuk merawat batu red raflesia agar bisa mencapai tahap kristal tinggi, dibutuhkan cara perawatan yang tepat dan sesuai agar batu tersebut bisa berproses secara alami.

Apa saja teknik yang sesuai dengan batu red raflesia, berikut ini adalah hasil penelusuran Saya bersama rekan gemslover.

teknik ampuh merawat red raflesia

1 Teknik rendam air ph tinggi

Dalam beberapa artikel, Saya selalu menggunakan air ph tinggi untuk melakukan cara perawatan batu akik. Hal ini bukan isapan jempol belaka, karena dalam sebuah riset tentang air menyatakan bahwa air dengan kandungan ph tinggi bisa membuat sebuah benda yang menyerap air tersebut menjadi bening secara perlahan, begitu juga dengan batu red raflesia namun membutuhkan waktu.

2. Teknik pemanasan suhu tubuh

Salah satu teknik yang ter ampuh dan sering dilakukan para sesepuh batu akik adalah dengan menggunakan batu red raflesia tersebut setiap hari di jari tangan, karena suhu manusia yang berkisar antara 36 sampai 37 derajat celsius, mampu membuat tua batu akik secara  alami.

3. Teknik penyimpanan

beberapa pedagang batu akik berpendapat, bahwa selain dua teknik diatas penyimpanan batu red raflesia juga sangat berpengaruh dalam proses batu tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan dalam sebuah kotak yang diberi ventilasi udara agar batu bisa bernafas dan mendapatkan hawa yang cukup.


Semoga ketiga teknik yang Saya ulas kali ini bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin merawat batu red raflesia agar menjadi lebih bagus lagi, yang pasti dari kesimpulan yang Saya dapatkan, batu red raflesia bisa berproses dengan bagus bila menggunakan teknik yang sesuai dengan karakter batunya. 

Salam gemslover.


Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon