Sabtu, 03 Oktober 2015

Tips Gosok Jelly Batu Black Opal Agar Tidak Bolong

Gosok jelly batu black opal - Halo sobat goresan pecinta batu black opal, beberapa waktu yang lalu saya kedapatan komentar yang menanyakan kenapa jelly ketika di amplas atau digosok menjadi bolong-bolong. Untuk itu, kali ini Saya akan mengulas tips gosok jelly batu black opal agar tidak bolong.

Seperti kita ketahui, jelly adalah getah kayu yang keluar dari dalam batu black opal karena suatu proses, bisa proses panas atau proses alami dari bahan batu itu sendiri. Bagi yang belum mengetahui apa itu jelly, saya akan jelaskan secara singkat. Jelly adalah getah kayu berwarna putih yang biasa ada di permukaan batu black opal, seiring perawatan jelly akan berubah menjadi bening dan mengeluarkan warna seperti merah, biru, hijau, kuning.

jelly batu black opal

Kembali ke topik semula, untuk membuat jelly tidak berlubang ketika di amplas, harus diketahui terlebih dahulu apakah jelly itu kering atau basah, berikut penjelasannya.

1. Jelly basah

Untuk jenis jelly basah, Saya tidak terlalu khawatir karena jelly berada didalam lapisan permukaan batu. Bila jenis jelly ini digosok amplas, tidak akan tergores atau bolong. Jenis jelly basah banyak terdapat dalam bahan batu yang berkualitas bagus atau banyak terdapat titik silver, dan harganya juga lumayan.

2. Jelly kering

Untuk jenis ini, sebaiknya jangan digosok amplas dulu, biarkan dirawat dengan rendam minyak agar jelly menjadi basah atau pada sebagian kasus ada yang berubah menjadi bening. Setelah itu jemur secara berkala 1 jam setiap hari, hal ini bisa membuat jelly menjadi basah.


Setelah sobat yakin jelly batu black opal yang dimiliki itu sudah menjadi basah, silahkan gosok dengan menggunakan amplas secara perlahan agar pori-pori batu menjadi besar dan cepat berubah menjadi warna yang indah.

Salah satu keunggulan jelly basah adalah bisa cepat berproses menjadi warna jarong, dan cara menyimpannya diusahakan di tempat gelap yang sedikit pengap.

Itulah penjelasan saya tentang jelly batu black opal yang tidak akan bolong jika digosok, semoga bermanfaat dan salam gemslover.

Baca juga yang ini : cara perawatan bahan batu bacan kerikil

4 comments

bang, saya lg mencoba treatment rendam bo pake minyak keletik + minyak kayu putih, apakah perlu d jemur???

bagusnya dijemur mas yudras ardhi

Mas saya punya bo ruyung sebagian dah keluar jarong sebagian belum msh brwrna putih perawatan ny gmn mas?

Dijemur gan, usahakan bagian yang belum jarong yang kena sinar matahari sambil dioles minyak

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon