Sabtu, 24 Oktober 2015

Teknik Merebus Batu Black Opal, Aman Atau Tidak?

Halo sobat goresan, pernah satu kali ada yang bertanya kepada saya bagaimana kalau batu black opal melakukan cara perawatan dengan direbus, aman atau tidak? Ide ini memang terlihat agak sedikit diluar nalar dan saya sendiri juga tidak tahu hasil yang didapat dari cara tersebut.

Ketika Saya pelajari tentang teknik rebus ini, ternyata batu menjadi tidak keluar bibit jarong sama sekali, mungkin karena pemanasan yang terlalu ekstrem sehingga bibit menjadi mati dan tidak muncul di permukaan.

Teknik yang hampir sama dengan cara ini hanya teknik cascade atau biasa disebut dengan pemanasan menggunakan minyak goreng, namun cara cascade mode bisa dibilang ada tingkat berhasil yang lumayan tinggi, bila bahan yang dirawat termasuk bahan yang bagus.

teknik merebus batu black opal

Dari segi keamanan, teknik rebus batu black opal tidak aman dan bisa menyebabkan kerusakan pada bahan batu itu sendiri. Berikut ini, kerusakan apa saja yang dihasilkan teknik rebus.

  • Bahan batu bisa menjadi rapuh
  • Membuat bibit jarong mati
  • Membuat getah kayu tidak keluar
  • Sering timbul retak halus di permukaan batu
  • Menghilangkan tingkat porselin pada bahan batu yang sudah porselin


Dari uraian diatas, masih maukah sobat melakukan teknik rebus terhadap batu black opal? jika sobat ingin cara perawatan yang aman, cukup rendam minyak atau oles dan jemur, Saya yakin dengan perawatan simpel tersebut batu akan timbul jarong.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat, bila ada pertanyaan silahkan komentar dibawah atau hubungi Saya lewat email yang ada dalam pages contact. Salam gemslover.

Baca juga yang ini : cara perawatan awal batu black opal porselin

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon