Rabu, 14 Oktober 2015

Mengenal Batu Akik Lumut merah Dan Cara Perawatannya

Halo sobat goresan pemikiran, batu akik lumut yang identik dengan warna hijau kini mempunyai jenis yang boleh dikatakan lain yaitu batu lumut merah. Batu jenis lumut yang berwarna merah ini berasal dari daerah Sumatera barat, yang memiliki serat eksotik dan indah menawan.

Kalau melihat batu lumut merah, banyak sesepuh batu akik mengatakan bahwa batu tersebut sudah ada dari dulu hanya saja kurang diminati banyak orang kecuali hanya mereka yang suka atau hobi batu akik. Bagi sobat yang suka dengan jenis batu akik lumut, rasanya tak salah bila Saya sarankan untuk mengoleksi batu yang satu ini.

Bagaimana dengan cara perawatan batu tersebut? Jangan khawatir, batu dengan tingkat kekerasan yang lumayan ini tidak terlalu rumit dalam perawatan nya. Ingin tahu cara perawatan batu lumut merah? Simak caranya dibawah ini.

batu akik lumut merah

Bahan-bahan:

  • Kulit
  • Minyak telon


Caranya sebagai berikut:

  • Jemur kulit terlebih dahulu agar bisa bereaksi dengan sempurna
  • Setelah dingin, gosok batu dengan berputar dan jangan ditekan
  • Malamnya oles dengan minyak telon, lalu simpan dengan baik
  • Jika ingin dipakai, usahakan gosok dengan kulit dulu agar terlihat kinclong



Cara diatas hanya untuk batu lumut merah yang sudah dibentuk, bila sudah diikat cincin, cukup oles minyak saja dan sebulan sekali dicuci dengan air plus sabun cuci dan sikat gigi yang halus.

Untuk bahan batunya, Saya menggunakan cairan alami seperti air sumur yang di campur garam agar batu menjadi lebih keras saat di bentuk menjadi mata cincin yang indah dan unik. Karena batu lumut merah punya serat yang datar yang cukup indah, usahakan membentuk bahan batu melihat dari serat yang paling banyak.

Semoga apa yang singkat ini bermanfaat, salam gemslover.

Baca juga yang ini: tips mudah perawatan batu red baron agar mempunyai kualitas kontes

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon