Sabtu, 10 Oktober 2015

Inilah Pertanyaan Paling Sering Tentang Batu Black Opal Dari Gemslover

Halo sobat goresan pemikiran, kemarin Saya mendapat beberapa rentetan pertanyaan seperti dibawah ini, " Salam jarong bang Deni, ada beberapa hal yang mau saya tanyakan. Rendaman yang bagus untuk perawatan itu lebih baik pakai minyak, air ac, air hujan atau air kelapa ? untuk rendam minyak bagusnya minyak apa dan perbandingannya berapa ? Saat menjemur batu, sebaiknya dalam kondisi terendam penuh, setengah atau cukup oles minyak saja ? Terima kasih sebelumnya".


Banyak betul pertanyaan diatas, karena yang bertanya adalah seorang pecinta batu black opal Saya akan senang hati menjawab pertanyaan tersebut agar bisa menjadi manfaat bagi kita semua, khususnya para gemslover.

batu black opal

1. Air rendaman yang bagus

Sebenarnya banyak sekali cairan rendaman yang bagus untuk merawat batu black opal, namun yang harus diperhatikan adalah kandungan yang terdapat pada cairan itu sendiri, apakah alami atau mengandung unsur kimia. Banyaknya cairan rendaman yang sering Saya tulis, bukan bermaksud membuat bingung tapi lebih sekedar membuat pilihan. Kalau Saya memilih salah satu dari cairan yang disebutkan tapi nyatanya tidak berhasil, Saya bisa dianggap sebagai pembohong. Karena pada kenyataannya, setiap bahan batu berbeda dan mempunyai respon yang tidak sama terhadap cairan yang disebutkan. Oleh sebab itu pilihlah yang menurut sobat mudah dan ada perubahan dalam perawatan.

2. Minyak yang bagus serta perbandingannya

Jika sobat memutuskan menggunakan minyak dalam perawatan batu black opal, pilihlah minyak yang tidak memiliki kandungan panas tinggi dan alami, seperti minyak zaitun, minyak bayi minyak kemiri dan lain sebagainya. Masalah perbandingan bisa 1:1 atau 2:1 asalkan tidak berlebihan pasti sobat bisa menimbulkan jarong.

3. Menjemur batu 

Hal ini bisa menjadi poin penting dalam merawat batu black opal, karena dengan penjemuran batu akan berproses mengeluarkan getah dan merubah bibit menjadi warna jarong. Masalah apakah harus terendam full, setengah badan, atau oles harus dilihat bahan batunya,

  • Bahan batu masih belum keluar bibit harus full terendam 
  • Bahan batu sudah banyak titik silver setengah badan 
  • Bahan batu sudah ada jarong cukup oles dan jemur.


Sebagai catatan, setiap bahan batu berbeda respon dalam setiap perawatan. Jika sobat menemukan cara yang pas, lanjutkan sampai berhasil menimbulkan jarong.

Semoga jawaban ini bisa memuaskan serta menambah wawasan dan bermanfaat, salam gemslover.

Baca juga yang ini: cara perawatan yang tepat untuk batu bacan saya

3 comments

Bang den kata teman klo bo yg ada kristalnya ga boleh di oles minyak bnr ga bang..

ga juga bang santo, asal jangan terlalu banyak dan sering-sering ok aja,

Oh,.iya bang one more question nih....Black opal sya sudh jarong semua tp knp kadang jarong hilang kadang timbul..itu knp ya bang..?

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon