Jumat, 09 Oktober 2015

Fenomena Jarong Hilang Akibat Direndam Minyak Pada Batu Black Opal

Fenomena jarong hilang akibat direndam minyak - Halo sobat goresan, banyak yang bertanya kepada Saya kenapa batu black opal yang sudah jarong ketika direndam minyak kayu putih dan minyak zaitun menjadi hilang dan tenggelam jarong nya? Berikut ini penjelasan dari Saya.

Batu black opal adalah batu yang berasal dari fosil kayu, yang mana bila diperhatikan dengan seksama mempunyai pori-pori yang cukup besar. Pori-pori ini, berfungsi untuk mengeluarkan getah kayu atau biasa disebut jelly dan sekaligus untuk menyerap benda cair yang berada dilingkungan batu tersebut.

Sebagai contoh bila sobat merendam batu black opal dengan air, pasti pori-pori tersebut akan menyerap air untuk membuat elemen didalam kayu menjadi padat, karena itulah batu black opal terbilang cukup rapuh bila dalam kondisi kering.

batu black opal

Penggunaan minyak  dalam perawatan batu black opal berfuungsi untuk mencegah batu menjadi kering dan rapuh saat di jemur sinar matahari, namun harus diketahui juga apakah perendaman minyak masih bisa dilakukan saat timbul jarong.

Menurut pengalaman Saya, batu black opal yang sudah ada jarong nya walaupun hanya sedikit tidak boleh direndam dengan minyak apapun karena bisa membuat jarong yang masih muda tenggelam kembali atau hilang tertutup minyak.

Hal tersebut sering dilakukan para pemilik batu black opal yang sudah keluar jarong, untuk membuat jarong semakin banyak atau full dan berakibat hilangnya jarong yang ada karena pengetahuan yang minim dan salah informasi yang di terima.

Cara yang bagus menurut Saya pribadi adalah dengan cara perawatan oles jemur, karena minyak yang ada hanya melapisi dan tidak bisa diserap oleh pori-pori batu black opal. Bila ada yang berhasil mengeluarkan jarong dengan cara oles jemur, jangan sekali-kali merendam kembali dengan minyak karena itu akan sia-sia, cukup dipakai saja atau sering di gosok dengan kulit atau kertas intan untuk menjaga jarong tersebut.

Semoga penjelasan Saya tentang fenomena jarong hilang akibat direndam minyak pada batu black opal bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog ini, salam gemslover.

Baca juga yang ini: cara perawatan batu peridot

1 comments so far

Pagii kang...mo sedikit bertanya. Apakah bahan black opal yang sudah jarong pada saat di bentuk ada kemungkinan terjadi juga "fenomena hilang jarong" nantinya...? Trima kasih akang...

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon