Jumat, 02 Oktober 2015

Cara Perawatan Awal Bongkahan Batu Bacan Agar Tidak Terkena Penyakit

Bongkahan batu bacan - Halo pecinta batu bacan, dibawah ini gambar bongkahan batu bacan kiriman dari seseorang yang ingin bertanya cara perawatan yang tepat untuk bahan batu tersebut. Bahan batu yang didapat sudah berwarna biru di permukaan, namun masih terlihat rapuh dan butuh perawatan lagi.

Bagi sobat pemilik bongkahan batu bacan maupun yang punya bahan sejenis, lakukan tes awal untuk mengetahui tingkat kekerasan batu dengan cara menggores dengan amplas. Bila berwarna hitam itu bertanda masih rapuh dan muda, namun bila sebaliknya bisa dikatakan keras.

bahan batu bacan doko

Menurut para sesepuh batu bacan dan Saya sendiri, sebaiknya bongkahan besar tersebut dibelah menjadi kecil untuk mengetahui keadaan dalam batu. Hal ini uutuk menghindari apabila ada jenis penyakit seperti keropos maupun karang batu bacan.

Bila sudah di belah menjadi potongan yang lebih kecil, segera lakukan perawatan awal untuk memberikan nutrisi agar batu bisa menjadi solid dan keras, berikut ini adalah caranya.

Cara perawatan awal bongkahan  batu bacan

Bahan-bahan :
  • Wadah untuk merendam 2 buah
  • Air mineral
  • Sikat gigi

Caranya sebagai berikut :
  • Bersihkan bongkahan batu dengan sikat gigi secara perlahan
  • Masukkan kedalam wadah pertama, lalu isi dengan air mineral 
  • Rendam selama 3 hari
  • Angkat batu lalu biarkan kering dan jemur selama 1 jam, ingat 1 jam saja tidak boleh lebih
  • Setelah di jemur, masukkan ke dalam wadah rendam ke dua
  • Isi kembali wadah dengan air mineral sampai batu terendam semua 
  • Simpan dan rendam selama batu belum dibentuk

Cara perawatan diatas, bisa memperkecil kemungkinan batu bacan terkena penyakit seperti keropos dan karang yang biasa terdapat pada semua bongkahan batu bacan.

Penjemuran bahan batu sengaja Saya buat hanya satu jam saja, agar tidak terlalu kering dalamnya sehingga unsur basah bisa berproses seperti habitat asli batu tersebut.

Semoga yang singkat ini bisa bermanfaat, khususnya untuk pemilik bongkahan batu bacan agar bisa merawat dari awal bahan batu tersebut. Bila ada yang kurang jelas silahkan komentar dibawah, atau sobat punya batu akik  dan bingung cara perawatan nya, silahkan kirim gambar via email dan Saya akan kasih tips yang tepat untuk merawat batu kesayangan sobat, salam gemslover.

Baca juga yang ini : cara jitu menghilangkan kapur batu lavender

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon