Rabu, 21 Oktober 2015

Batu Black Opal Tak Kunjung Jarong, Apa Solusinya?

Halo sobat goresan pemikiran, suatu ketika Saya ditanya tentang batu black opal yang tak kunjung mengeluarkan jarong walaupun kata pemiliknya batu tersebut sudah terdapat bibit jarong yang banyak. Atas pertanyaan tersebut, Saya berinisiatif melakukan eksperimen dengan bahan batu black opal yang dibentuk menjadi dua buah mata cincin yang belum diikat.

Kedua batu Saya rawat dengan cara yang sama dan dijemur dengan panas matahari dengan waktu yang sama juga, namun apa yang terjadi sungguh diluar dugaan dan prediksi Saya sendiri, batu black opal yang satu sudah mulai berwarna dan yang satu hanya mengeluarkan garis putih dan kerlip silver yang tidak rata di permukaan batunya.

Black opal

Hal ini membuat Saya berfikir, kenapa dalam bahan batu yang sama, cara perawatan yang sama, tapi hasil yang didapat berbeda. Saya pun membelah batu yang tidak mengeluarkan warna jarong hanya untuk sekedar mengetahui permasalahan yang sampai saat ini menjadi tanda tanya sebagian pecinta batu black opal.

Setelah Saya belah, terlihat jelas bahwa kandungan silika bahan yang satu tidak cukup banyak dan getah kayu juga minim, sehingga butuh waktu yang lama untuk mengikuti langkah batu yang sudah timbul warna. Untuk itu, bila secara kebetulan sobat juga punya batu black opal yang susah timbul jarong walaupun saudara dari batu tersebut sudah jarong jangan berkecil hati karena suatu saat nanti pasti akan timbul warna bila sobat melakukan cara perawatan secara kontinu.

Kalau dilihat secara teori, fenomena diatas bisa diatasi dengan cara perawatan ketika batu masih berbentuk bahan. Hal ini pernah Saya tulis dalam posting tentang cara perawatan bongkahan batu black opal. Dengan cara tersebut bisa membuat bibit jarong semakin banyak dan ketika dibentuk menjadi mata cincin, tidak kekurangan bibit maupun silika batu.

Ingin tahu cara awal perawatan bongkahan, baca disini
cara perawatan bahan batu black opal bongkahan

Semoga posting singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

1 comments so far

Jadi intinya harus di jadiin bahan dulu gitu bos den...?lama dong ..hehe..

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon