Jumat, 23 Oktober 2015

Amankah Citrun Untuk Merawat batu Bacan

Citrun adalah sejenis benda yang berbentuk kristal dan larut dalam air, biasa dipakai untuk mencuci baju yang terdapat noda yang susah hilang. Bagaimana jika citrun dipakai untuk merawat batu bacan? Dari beberapa keterangan teman sesama pecinta batu bacan, Saya mendapat informasi bahwa benda ini sering dipakai untuk merendam bahan batu agar menjadi keras. Tapi... amankah citrun untuk merendam batu bacan?

Karena tertarik dengan hal tersebut, Saya melakukan beberapa tes dengan bahan batu bacan yang masih muda dan merendam bahan tersebut dengan air yang dicampur dengan satu kantong kecil citrun. Dalam beberapa hari warna air rendaman berubah menjadi keruh dan setelah diangkat bahan batu berubah putih semua.

bahan batu bacan

Dari pengalaman tersebut, ada beberapa hasil yang ingin Saya bagi kepada pembaca setia blog ini, dengan tujuan berbagi info tentang seputar cara merawat bahan batu bacan dengan teknik rendam.

  • Merendam bahan batu dengan citrun sangat berbahaya, karena bisa membuat batu menjadi rapuh
  • Warna hitam akan berubah menjadi putih, bukan berarti kapur naik melainkan membuat rapuh unsur dalam bahan batu itu sendiri
  • Bila direndam sampai lama, bahan batu akan hancur jika di congkel dengan kuku


Bila sobat sudah terlanjur merendam dengan citrun, segera angkat bahan batu dai tempat rendaman dan lakukan langkah untuk menetralkan dibawah ini :

Bahan-bahan:
  • Wadah rendaman
  • Air mineral botol
  • Minyak zaitun atau baby oil

Caranya sebagai berikut:
  • Rendam bahan batu dengan air mineral selama 3 hari, dengan catatan bila air mulai keruh ganti dengan yang baru
  • Setelah 3 hari, rendam kembali dengan minyak bisa zaitun atau baby oil silahkan pilih yang sobat punya
  • Rendam, selama satu minggu lalu angkat dan jemur satu jam

Proses mengembalikan bahan batu bacan menjadi  bisa proses lagi membutuhkan waktu satu sampai dua minggu, harap diperhatikan pemakaian minyak untuk rendaman  agar tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu kebanyakan, cukup sampai bahan batu terendam badannya.

Bahan batu yang sudah kembali normal, biasanya punya ciri warna menjadi hitam dan bila dirasakan akan terasa berat. Satu hal lagi yang harus sobat ketahui, jangan langsung membentuk bahan batu menjadi mata cincin, biarkan selama satu bulan dulu baru setelah itu silahkan bentuk.

Semoga posting singkat ini bisa bermanfaat, salam gemslover.

Baca juga yang ini: Cara perawatan batu bacan gulau yang sudah naik ring

1 comments so far

Wow..rugi dong bos..klo hancur..! Tp sy prnah coba pke minyak di masukin ke dlm semen bos.dgn ctatan batu di bungkus plastik hasilnya aman bos den...

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon