Senin, 21 September 2015

Kenapa Batu Kalimaya Hitam Setelah Dijemur

Batu kalimaya - Halo sobat goresan pecinta batu kalimaya, berikut ini email kiriman dari seorang batu kalimaya yang ingin menanyakan kenapa tiba-tiba batu tersebut menjadi hitam setelah dijemur selama 1 sampai 2 jam. Berikut ini adalah petikan nya, " Bang, kenapa batu kalimaya saya menjadi hitam setelah dijemur dengan minyak rendaman nya dan di tutup rapat?"

Kalau dilihat sepintas lalu, batu kalimaya merupakan batu yang sangat sensitif terhadap panas, oleh sebab itu saya tidak pernah menganjurkan untuk menjemur nya melebihi batas. Batu tersebut juga harus sering dibasahi jika belum kristal, namun sifat air yang cepat memuai menyebabkan batu harus sering disiram air apalagi saat cuaca sedang panas.

batu kalimaya
Batu kalimya normal

batu kalimaya
batu kalimaya hitam

Untuk itu saya membuat percobaan dengan menggunakan minyak yang dioles, setelah beberapa lama dioles ternyata minyak tidak cepat memuai karena sifatnya yang kental berbeda dengan air.

Untuk kasus diatas, batu menjadi hitam bukan karena minyak akan tetapi karena penggunaannya yang salah. Menjemur batu kalimaya dengan direndam minyak bisa membuat molekul minyak menjadi panas dan akan mencari celah dalam hal ini pori-pori batu kalimaya, sehingga batu tersebut menyerap minyak dan akan membuat tampilan batu menjadi hitam.

Untuk mengatasi masalah tersebut, langkah berikut ini bisa dilakukan untuk batu kalimaya yang mengalami masalah diatas.

Bahan:
  • Wadah rendaman
  • Air mineral 2 botol 


Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan batu kalimaya
  • Rendam dengan air mineral selama 3 hari dengan air mineral botol ke 1
  • Ganti air rendaman dengan air mineral botol ke 2

Biasanya dengan cara diatas, batu kalimaya akan kembali menjadi bening seperti contoh gambar dan minyak akan keluar ke permukaan air mineral. Sebagai catatan, bila 2 botol air mineral kurang bisa ditambah dengan botol ke 3.

Tanda bahwa cara diatas berhasil adalah warna batu kalimaya yang kembali seperti sedia kala dan jarong kembali muncul di permukaan batu.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat, khususnya bagi oemilik batu kalimaya yang gambar nya ada dalam postingan ini, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon