Kamis, 10 September 2015

Cara Perawatan Yang Tepat Untuk Batu Bacan Saya

Batu bacan - Halo sobat goresan pemikiran, gambar batu di bawah ini adalah kiriman dari seorang pecinta batu bacan yang menanyakan perihal cara perawatan yang tepat untuk batu tersebut dan nama dari jenis batu dalam gambar ini.

Kalau Saya tidak salah, jenis batu nya adalah batu bacan, karena terlihat warna biru disekeliling permukaan batu. Tapi untuk jenis nya Saya belum tahu sebab untuk menentukan jenis batu harus dilihat langsung.

batu bacan

Bila tebakan Saya betul, cara perawatan yang harus ditempuh adalah sebagai berikut, namun harus diperhatikan bahwa kesabaran adalah kunci dari semua perawatan ini.

Bahan-bahan:

  • Kulit
  • Tissue
  • Minyak zaitun


Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan batu
  • Gosok dengan kulit selama kurang lebih 30 menit pada pagi dan sore hari
  • Bersihkan batu dengan tissue halus
  • lalu malamnya  oleskan minyak zaitun
Baca juga: percobaan cara kristalisasi batu bacan

gambar batu bacan

Cara perawatan diatas, bisa lebih efektif bila sobat selingi dengan penjemuran selama kurang lebih 1 jam. Lamanya waktu dalam proses menjadi kristal kurang lebih 3 bulan sampai 1 tahun.

Sobat goresan, bila melihat batu yang di senter dalam contoh gambar kedua, serat yang melapisi warna hijau terlihat pecah dan kurang tebal. Kalau dugaan Saya benar, batu tersebut pernah direndam dengan cairan kimia, karena terlihat dari batu yang kosong dalamnya.

Tapi... jangan khawatir bila sobat pernah atau sering membaca blog ini pasti tahu cara untuk membuat batu tersebut kembali normal dalam waktu yang relatif singkat. Untuk jelasnya lihat disini cara menghilangkan zat kimia pada batu bacan

Semoga apa yang Saya tulis ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca, khususnya saudara supi salim yang mengirim email ke admin goresan pemikieran, salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon