Sabtu, 15 Agustus 2015

Cara Membuat Kembang Jarong Batu Black opal Sesuai Selera

Kembang jarong batu black opal - Halo sobat goresan pemikiran pecinta batu black opal, kali ini Saya akan mengulas cara membuat kembang jarong sesuai selera. Patut diketahui bahwa jarong batu black opal ada beberapa jenis, diantaranya adalah jarong ruyung, jarong, rintik atau gerimis dan jarong sisik atau kembang.

Dalam membuat batu tersebut menjadi jarong sesuai selera kita, ada beberapa hal yang perlu sobat lakukan mulai dari bahan batu nya. Diantaranya adalah pemilihan bahan batu yang berkualitas bagus sehingga bisa dilihat jarong yang timbul akan seperti apa.

Banyak para sesepuh batu black opal beranggapan bahwa, cara ini bisa memperindah tampilan dari jarong tersebut agar bisa menaikkan harga jual hingga ke level tinggi, sehingga sekaligus bisa menghasilkan uang dari hobi batu black opal.

cara membuat jarong sesuai selera

1. Jarong ruyung

Untuk membuat batu black oapl mempunyai jarong ruyung, berikut ini hal yang harus sobat lakukan.
  • Siapkan bahan batu black opal
  • Kupas lumpur sampai bersih
  • Bentuk batu dengan horisontal menggunakan amplas atau mesin gerinda, dengan memangkas dari atas sehingga serat terlihat memanjang
  • Lakukan cara perawatan sehingga muncul bibit jarong ruyung

2. Jarong rintik atau gerimis

Untuk mendapatkan jarong rintik atau gerimis, teknik pembentukan batu black opal harus disesuaikan agar jarong yang timbul bisa menyerupai gerimis hujan. Berikut ini adalah caranya.
  • Siapkan bahan batu black opal
  • Kupas lumpur batu secara habis, 
  • Lalu bentuk dengan memotong bahan menjadi dua dan bekas belahan dijadikan atas atau bawah
  • Lakukan cara perawatan sampai jarong muncul

3. Jarong sisik atau kembang

Agar batu black opal bisa muncul jarong sisik, beberapa cara dibawah ini bisa dilakukan agar batu bisa mendapatkan hasil terbaik dari jarong sisik.
  • Siapkan bahan batu black opal
  • Kupas lumpur jangan terlalu dalam sehingga masih ada sedikit dari lumpur tersebut
  • Lakukan cara pengupasan yang aman menggunakan amplas secara manual
  • Lakukan cara perawatan sehingga muncul jarong sisik

Cara diatas sering dilakukan para sesepuh batu black opal untuk menimbulkan jarong sesuai selera mereka, namun ada juga yang membiarkan batu berproses mengeluarkan jarong secara alami.

Selain cara diatas, cara perawatan harus dilakukan sampai muncul jarong sesuai apa yang kita mau. Beberapa sobat gemslover melakukan cara rendam dan jemur dan ada juga cara oles dan jemur, penasaran dengan caranya bisa dilihat disini cara perawatan oles dan jemur batu black opal

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta batu black opal dalam merawat batu tersebut sampai timbul jarong full, selamat mencoba dan salam gemslover.

4 comments

Seneng bisa ketemu blog kek gini.. empat jempol buat kang deni..
Gini kang mau konsul, bo saya jenis ranting awal beli keadaan: ada bagian yg sudah hitam mungkin bisa dibilang mulai porselin ada lg bagian yg masih hitam kecoklatan. Dibagian yg porselin sdh byk jarong dan harus dintip pake lup karena jarong di dalem Dan tdk ada jeli dibagian ini, sedangkan bagian kecoklatan ada jely tp blum berjarong. Kasusnya gini kang, seiring jalan treatment awal masih di rendem minyak doank, trus beralih ke pemanasan pake lampu minyak stgh badan.. tpi kulit dibagian yg porselin malah putih putih, jely naik ke permukaan dan tetep jarong msh ada di dalem sedangkan bagian putih putih dikulit kliatan jarong nya warna warni klo di senter dr pinggir, klo dr atas yg keliatan jarong dr dalem doank . Saya jd bingung mau kmn ini jenis bonya soalnya dibagian yg coklat ada jely dgn jenis ruyung (bergaris jelynya).. lalu saya ganti metode dengan jemur minyak stgh badan berharap bo mengkristal layaknya ruyung yg sdh jd kan jarongnya didalem, eh malah makin jelas putih putihnya. dan sampe skrg sifat jarong msh sama seperti penjelasan diatas. Ada masukan kang deny untuk bo seperti Ini bagusnya gmn yaa..

Waduh panjang juga yah.... jadi gini kang fat zoe, putih biasanya akibat minyak yang digunakan untuk merendam. Karena jenis bo nya ranting pasti ada warna putihnya, coba dijemur tanpa direndam beberapa hari saja. Thanks

hatur tengkyu kang deni.. hahah iyh kang pjg yaa, mau disingkat tpi bingung dr mana heheh
mksdnya jemur oles aja ya kang, tanpa rendem lg malemnya? Setelah itu treat apa yg dipake?
Oia kang dr bdg yaa.. skalian mau nanya klo tukang yg biasa bentuk bo dimana ya kang Deni?

Jemur oles saja BO nya, biasanya sebulan ada perubahan. Coba di jln sukabumi.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon