Selasa, 25 Agustus 2015

Langkah Awal Dalam Merawat Bahan Batu Lapis Banua

Batu lapis banua - Halo  sobat goresan pemikiran, dibawah ini adalah gambar batu lapis banua yang sudah dijadikan mata cincin. Pemilihan bahan yang tepat sangat diperlukan dalam membuat batu lapis banua menjadi sebuah cincin batu akik yang bernilai seni tinggi.

Dalam hal ini, kita selaku pemilik harus mengerti serat mana yang bila di bentuk bisa menjadi indah dan terlihat menawan. Biasanya, bahan batu lapis banua yang masih berbentuk bongkahan harus di belah terlebih dahulu, agar bisa terlihat bagian mana yang bagus dan tidak.

Bila sobat mempunyai bahan batu lapis banua yang masih bongkahan atau lempengan, beberapa tips dibawah ini bisa membuat serat batu menjadi motif yang indah serta bernilai seni tinggi.

cincin batu lapis banua

Perawatan awal bahan batu lapis banua

Bahan-bahan:
  • Wadah atau tempat rendaman
  • Air sumur
  • Garam halus
Caranya sebagai berikut:
  • Bila bahan batu masih berbentuk bongkahan, belah menjadi beberapa bagian
  • Siapkan wadah
  • Campur air sumur dengan satu sendok makan garam, aduk sampai tercampur rata
  • Jika air sudah tercampur rata dengan garam, masukkan bahan batu lapis banua yang sudah di belah
  • Rendam selama dua minggu dan letakkan wadah diluar ruangan

Lama waktu perendaman tergantung sobat, jika dalam dua minggu sudah muncul motif atau serat yang sesuai, angkat lalu bentuk menjadi mata cincin.

Garam berfungsi sebagai anti mikroba sebagai pencegah penyakit seperti karang, bercak hitam dan bisa membuat bahan batu menyerap kandungan yodium sehingga bahan batu menjadi lebih tua.

Jika ingin batu lapis banua lebih terlihat berminyak, jemur selama 3 jam lalu gosok dengan kulit. Ini berlaku hanya untuk batu yang sudah di bentuk dan sudah dijadikan mata cincin atau diikat cincin.

Sebagai seorang pecinta batu akik atau gemslover, Saya menganjurkan untuk memiliki jenis batu lapis banua karena batu tersebut punya keunikan tersendiri dibandingkan batu akik yang lain.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat bagi sobat semua, salam gemslover.

Baca juga yang ini: cara perawatan singkat batu lapis banua

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon