Minggu, 23 Agustus 2015

Keluh Kesah Dalam Merawat batu Bacan

Batu bacan - Halo sobat goresan pemikiran, postingan ini adalah yang kesekian kali saya buat tentang cara perawatan batu bacan. Mulai dari cara merendam, memilih bahan, menjemur sampai mencoba menghilangkan kapur pada batu bacan sudah saya ulas dalam postingan artikel terdahulu.

Satu hal yang harus digaris bawahi adalah, apapun jenis cara perawatan batu bacan yang sobat lakukkan semua itu memerlukan waktu dan kesabaran. Mengapa demikian, karena batu bacan atau orang dahulu menyebutnya dengan batu ambon memerlukan proses untuk menjadi kristal.

batu bacan

Penting untuk dibaca: geser touch screen bukan jaminan batu bacan asli

Sewaktu ketika Saya pernah ditawari batu bacan berupa bongkahan sebesar telapak tangan, keadaan batu masih hitam dan sedikit rapuh, lalu saya melakukan cara perawatan rendaman dengan air sumur dengan cara mencampurnya dengan sedikit garam dapur. Hasilnya bahan batu mulai berubah menjadi sedikit keras dan timbul titik warna biru.

Sedikit pengalaman dari cara Saya ini adalah, jangan merendam dengan bahan yang mengandung kimia dan bau menyengat karena batu bacan bisa menjadi buram bahkan putih yang disebabkan kapur naik sebelum waktunya.

Jika sobat menggunakan rendaman minyak itu lebih baik ketimbang harus dengan cairan kimia, namun penggunaan minyak harus dihentikan ketika batu bacan mulai berproses kristal. Cukup lakukan oles dan jemur sebentar, lalu pakai setiap hari bila sudah diikat cincin.

Satu hal lagi yang paling Saya sukai dalam merawat bat bacan adalah ketika menggosok nya dengan kulit, karena ini termasuk cara aman dan alami sehingga batu mendapat panas yang cukup untuk pemicu proses kristal.

Semoga keluh kesah saya ini bisa membuat semangat sobat pecinta batu bacan dalam merawat batu tersebut hingga menjadi kristal, semoga bermanfaat dan salam gemslover.

Baca juga yang ini: cara untuk mengetahui batu bacan alami

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon