Minggu, 19 Juli 2015

Warna Batu Bacan Berubah, Apa Yang Terjadi?

Kenapa warna hijau batu bacan berubah - Halo sobat goresan pemikiran, gambar batu bacan dibawah ini adalah gambar kiriman dari seorang gemslover yang menanyakan kenapa batu bacan miliknya berubah warna hijau muda menjadi hijau tua. Jika di lihat sepintas, warna hijau merupakan warna yang ditampilkan batu bacan, namun kalau tidak salah warna hijau tersebut masih sangat muda dan bisa berubah kapan saja karena proses kristalisasi.

Menurut penuturan dalam email yang dikirim, pemilik batu bacan merendam batu tersebut dengan minyak zaitun agar bisa cepat kristal dan bagus, tapi malah hasil menjadi tidak sesuai dengan prediksi. Apa yang terjadi, mari kita ulas bersama-sama.

warna batu bacan berubah

1. Batu bacan merupakan batu alam yang mempunyai pori-pori cukup besar, oleh karena itu batu bacan dapat berproses dan sering berubah tergantung iklim dan cuaca.

2. Oleh karena punya pori-pori yang besar, batu bacan dapat menyerap segala cairan yang berada dalam wadah perawatan. Cairan yang pada umumnya dipakai adalah air, minyak zaitun, baby oil, dan lain sebagainya termasuk cairan yang mengandung kimia juga bisa di serap.

3. Dalam kasus diatas, batu bacan di rendam dengan minyak zaitun yang secara otomatis batu menyerap dan membuat warna hijau muda menjadi tua, namun belum tentu bisa tembus jika di senter dan warna juga bisa hilang karena sebab tertentu.

Jika ingin mengembalikan warna atau ingin menampilkan warna alami batu bacan, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar bisa berhasil. Berikut ini adalah langkah yang menurut Saya bisa dilakukan dan langsung terlihat perubahan terhadap baty bacan tersebut.

Bahan--bahan:

  • Air mineral
  • Air ber ph tinggi
  • Wadah rendaman


Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan wadah 
  • Lalu letakkan batu bacan di dalamnya
  • Tuangkan air mineral, lalu rendam selama 3 hari
  • Jika permukaan air terlihat minyak, ganti air rendaman dengan yang baru
  • Bila sudah tidak terlihat minyak lagi di air rendaman, angkat dan angin kan batu, lalu siapkan wadah berbeda
  • Tuangkan air ber ph tinggi, dalam hal ini saya menggunakan air oksigen
  • Masukkan batu bacan dalam wadah rendaman yang berisi air oksigen
  • Lalu rendam selama 3 bulan sambil di jemur batu nya saja setiap hari selama 1 jam
Baca juga yang satu ini: cara perawatan batu akik lumut suliky

Dalam waktu satu bulan, biasanya batu bacan sudah terlihat perubahan. Jika sobat ingin tambah bagus lagi ganti air oksigen setiap satu bulan sekali agar nutrisi bisa diperbaharui. Yang paling penting adalah kesabaran dan jangan mencampur air rendaman dengan zat kimia yang bisa membuat batu bacan menjadi tambah tidak karuan, berhubung batu bacan diatas sudah di ikat, harus dilepas dulu cincinnya.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia blog ini, salam gemslover.

2 comments

Lalu yang disekeliling batu tersebut yang berwarna coklat dan hitam apakah bisa hilang juga dan menjadi hijau semua?

Kalau masalah itu, jika batu bacan masih berproses bisa terjadi tapi butuh waktu mas zuli witanto. Thanks

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon