Minggu, 12 Juli 2015

Teknik Menggosok Batu Bacan Yang Wajib Diketahui Para Pemula

Teknik menggosok batu bacan yang wajib diketahui - Halo sobat pembaca setia blog goresan pemikiran, judul diatas memang terlihat agak ketinggalan zaman disaat Saya sudah menulis hingga ratusan lebih tips perawatan batu bacan, tapi tidak ada salahnya jika sobat pelajari lagi apa yang harus dilakukan jika mempunyai bahan batu bacan di tangan. 

Teknik menggosok bahan batu bacan sangat penting untuk sobat ketahui agar sobat tidak salah langkah dan mengakibatkan bahan menjadi hancur alias tergores habis. Biasanya ini terjadi terhadap para pemula yang ingin menggosok bahan batu bacan dan tidak tahu tentang kekerasan bahan nya, apakah sudah solid atau belum.

teknik menggosok bacan wajib diketahui

Untuk itu, beberapa panduan dibawah ini mungkin bisa bermanfaat untuk sekedar mengetahui apakah bahan batu bacan sudah siap bentuk atau tidak.

1. Penggunaan batu asahan

Dalam membentuk bahan batu bacan, beberapa sesepuh batu akik menganjurkan untuk menggunakan alat ini agar bisa melihat tingkat kekerasan yang dimiliki oleh bahan batu. Caranya dengan menggosok bahan batu memakai batu asahan dengan bantuan air secara perlahan dan sambil dilihat bagian mana yang masih hitam dan bagian mana yang sudah keras.

2. Penggunaan amplas

Menggosok bahan batu bacan menggunakan amplas adalah salah satu cara untuk membentuk batu secara manual, cara ini Saya rasa cukup efektif untuk sekedar membuat pola pembentukan bahan batu sehingga bisa melakukan proses perawatan. Penggunaan amplas juga berguna untuk meratakan serta mengkilapkan batu secara manual, tentunya dengan tipe dan jenis serta nomor amplas yang khusus.

3. Penggunaan mesin gerinda

Alat ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan pecinta batu akik, karena alat ini sering digunakan untuk membentuk bahan batu menjadi sebuah mata cincin yang indah menawan. Bagaimana pengaruhnya dengan pembentukan batu bacan? menurut Saya sangat besar, karena bahan batu dengan sangat mudah dibentuk tapi jika bahan masih sangat muda penggunaan mesin gerinda bisa menimbulkan efek buruk bagi bahan batu bacan itu sendiri. Alhasil, bahan bacan sobat yang besar akan mengecil karena tergerus oleh mesin gerinda tanpa disadari.


Ke tiga hal diatas harus sobat ketahui jika ingin membentuk bahan batu bacan, namun jika bahan batu sudah keras Saya sarankan untuk membentuk nya ke tukang gosok poles profesional jangan yang masih baru karena minim pengalaman. Semoga bermanfat dan salam gemslover.

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon