Sabtu, 11 Juli 2015

Cara Mengenali Bahan Batu Akik Bagi Pemula

Cara mengenali bahan batu akik - Halo sobat goresan pemikiran, untuk mengenali sebuah bahan batu akik dibutuhkan sebuah pengetahuan tentang berbagai nama dan ciri khas dari batu akik yang terdapat di Indonesia. Saya sendiri masih kurang pengetahuan tentang nama-nama batu akik dibandingkan para sesepuh yang sudah puluhan tahun terjun dalam dunia perbatuan Indonesia.

Sebagai contoh apabila sobat menerima pemberian bahan maupun batu akik dari seorang teman, langkah terbaik untuk mengecek nama dari batu akik tersebut adalah mendatangi seseorang yang paham tentang dunia perbatuan, contoh kecil nya adalah tukang poles batu akik. Karena umumnya tukang gosok dan poles batu tahu dan paham tentang nama batu akik.

cara mengenali bahan batu akik

Jika sobat punya uang lebih, mengecek batu akik ke sebuah laboratorium sangat dianjurkan, karena memang disanalah tempat kita mengetahui spesifikasi batu akik secara detail. Mulai dari nama batu, asal batu, tingkat kekerasan batu, sampai harga pasaran batu terkini sudah bisa sobat ketahui dalam secarik kertas hasil tes laboratorium tersebut. 

Hal tersebut bisa mempengaruhi saat sobat ingin melakukan cara perawatan batu akik yang sobat punya, apakah ingin membuatnya tambah kristal atau sekedar membuat tampilan nya semakin mengkilap atau kinclong. Jangan sampai sobat melakukan cara perawatan yang salah, karena bukan hasil yang didapatkan malah batu semakin tidak karuan.

Berikut ini adalah hal yang harus sobat lakukan jika menerima pemberian atau hadiah sebuah bahan maupun batu akik dari seseorang. 
  • Tanya teman yang mengerti tentang batu akik
  • Tanya kepada tukang gosok dan poles batu akik
  • Melakukan tes laboratorium
  • Kirim email beserta gambar batu akik ke admin blog ini
Baca juga: cara perawatan batu akik bulu monyet

Cara diatas hanyalah saran yang mungkin berguna untuk mengetahui jenis atau nama batu akik yang sobat punya, walaupun tidak seratus persen akurat kecuali tes laboratorium, tapi setidaknya bisa menghilangkan rasa penasaran yang selama ini hinggap di otak apalagi sobat termasuk pemula dalam dunia batu akik.

Intinya, apapun nama dan jenis batu akik sobat, Saya yakin kita termasuk orang yang mencintai segala macam batu akik khas Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam gemslover. 

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon