Minggu, 26 Juli 2015

Berbagai Jenis Batu Akik Yang Perlu Diketahui

Halo sobat goresan pemikiran, salah yang menjadi kegiatan para pecinta batu akik adalah perburuan bahan batu akik yang dianggap punya nilai lebih dan lain dari biasanya, mendaki gunung dan menyusuri sungai sudah menjadi hal yang lumrah mereka lakukan.

Umumnya mereka menjadikan hobi batu akik juga sebagai salah satu alternatif penghasilan tambahan, ada yang menjual nya dalam kondisi bongkahan dan bahan batu dan ada juga yang menjadikan mata cincin lalu di jual.

Harga batu akik yang mereka tawarkan bervariasi, mulai harga ratusan ribu sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah, tergantung jenis serta keunikan batu akik yang mereka dapat dalam perburuan. 

berbagai jenis batu akik

Hampir setiap orang menyukai batu akik yang sedang naik daun dalam beberapa tahun ini, mulai dari tukang ojek, karyawan swasta, pedagang sayur, bahkan para blogger pun menyukai batu akik melingkar di jari mereka. 

Berhubung sekarang banyak batu akik yang palsu, kali ini Saya akan bagi tips tentang jenis-jenis batu akik yang perlu sobat ketahui.

1. Batu akik alami atau natural

Batu akik alami mempunyai ciri khas yang sangat mudah diketahui, biasanya jika terkena panas atau di bakar batu akan mengeluarkan cairan yang licin, sebagian sesepuh batu menamakan cairan tersebut sebagai minyak batu yang akan melapisi permukaan batu menjadi lebih licin.

2. Batu akik sintetis

Batu jenis ini merupakan buatan dari plastik atau kaca yang di lebur, itulah sebabnya batu sintetis lebih bening dari batu alami. Berat batu lebih ringan walaupun sama persis baik ukuran dan bentuk nya dengan yang alami. Harga batu sintetis lebih murah dibandingkan dengan yang alami, walaupun murah jangan sampai sobat tertipu dengan tampilannya yang bening.

3. Batu akik leburan atau obsidian

Batu jenis ini, merupakan hasil leburan dari batu alami yang ditambahkan unsur mineral agar batu terlihat lebih bening dan tidak kotor. Beberapa perusahaan batu permata, sering menggunakan batu alami sebagai bahan leburan untuk permata yang mereka buat. Sebagai contoh adalah batu king safir dan batu aquamarine.


Beberapa jenis batu yang Saya sebutkan diatas adalah merupakan macam-macam batu akik maupun mulia yang sering ditemui baik di pasaran batu online maupun tempat penjualan batu akik yang menjamur di kota-kota besar.

Semoga apa yang singkat ini bisa bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog ini, sebagai suatu wawasan tentang selak--beluk batu akik, salam gemslover. 

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon