Kamis, 23 Juli 2015

Batu Bacan Obi Apa Bukan

Batu bacan obi apa bukan - Halo sobat pembaca setia blog goresan pemikiran, dibawah ini adalah gambar batu kiriman dari salah satu gemslover yang ingin menanyakan hal tentang batu tersebut. Banyak yang bilang itu adalah batu obi karena berasal dari sulawesi, tapi jika untuk pastinya Saya sarankan untuk tes laboratorium agar terkuak nama yang benar serta asal batu yang pasti.

Menurut Saya pribadi batu tersebut lebih condong ke batu asal halmahera timur, karena jenisnya yang merupakan kerabat dari batu bacan dan batu obi. Beberapa waktu yang lalu teman Saya pun memiliki jenis batu yang sama yang diperoleh dari teman asal halmahera timur, memang tidak terlalu sama persis tapi dari serat dan warna bisa dibilang serupa.

batu bacan obi

Bagi sobat yang mempunyai jenis batu yang mirip dengan gambar diatas dan ingin tahu cara perawatannya, bisa dilihat dibawah ini. Perawatan yang saya maksud adalah perawatan agar batu bisa menjadi tua dan bagus serta bisa menaikkan harga jual kembali batu tersebut. Jika sobat seorang pedagang batu online, cara ini mungkin bisa menambah performa batu dagangan sobat.

Bahan-bahan:
  • Kulit
  • Minyak bayi


Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan batu
  • Lalu jemur satu jam
  • Angkat lalu gosok dengan kulit secara merata selama 5 sampai 10 menit
  • Olesi minyak bayi, lalu simpan di tempat terbuka

Maksud dari poin penjemuran adalah agar batu bisa mengeluarkan minyak batu ketika dipanaskan, yang berguna untuk membuat batu menjadi tua. Menggosok dengan kulit berguna meratakan minyak dan memberi sensasi hangat pada batu sekaligus membuat nya tambah porselin. Minyak bayi berguna untuk menjaga warna serta serat batu menjadi indah dan menawan, oleh karena itu cukup oleskan sedikit  dari minyak bayi.

Harga batu akik sulawesi mulai menunjukkan trend yang bagus dalam pasar batu online maupun di tempat penjualan batu akik. beberapa majalah batu mencatat transaksi yang tinggi dalam jual beli batu asal sulawesi maupun dari halmahera.

Bagi sobat yang mempuyai bahan batu asal kedua daerah yang Saya sebutkan diatas, cara perawatan nya cukup sederhana, yaitu bahan hanya direndam dengan air sumur lalu ditambahkan sedikit garam dapur sebagai nutrisi bagi bahan batu tersebut.

Semoga apa yang singkat ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog goresan pemikiran, salam gemslover.

Baca juga yang satu ini: Cara memoles batu halmahera agar kinclong

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon