Rabu, 01 Juli 2015

Apakah Batu Kalimaya Atau Batu Black Opal

Tags

Apakah batu kalimaya atau batu black opal- Pertanyaan ini mendarat dalam kotak masuk email Saya beberapa hari yang lalu, sekaligus menanyakan apa sebenarnya batu tersebut dan bagaimana cara perawatan yang tepat untuk batu yang gambar nya dibawah ini.

Jika di lihat dari segi bentuk serta tingkat kepadatan dan kristal, Saya punya pendapat bahwa batu tersebut adalah bahan batu kalimaya. Karena bahan batu black opal tidak ada yang seperti batu solid dan warnanya kurang hitam legam.

Bagi sobat yang mempunyai jenis bahan batu yang seperti contoh gambar, silahkan gosok dengan amplas atau gerinda batu asahan, jika hasil yang didapatkan bening itu pasti batu kalimaya yang masih berupa bahan batu.

cara perawatan bahan batu kalimaya

Untuk cara perawatan bahan batu tersebut, langkah awal adalah pengupasan kulit yang terlihat seperti karang di permukaan bahan batu tersebut. Jika sudah selesai, silahkan coba tips dibawah ini.

Bahan-bahan:

  • Wadah rendaman yang masih punya tutup
  • Air oksigen
  • Satu ujung sendok teh garam halus

Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan bahan batu tersebut, pastikan sudah bersih dari segala kotoran yang menempel
  • Siapkan wadah rendaman
  • Lalu masukkan air oksigen
  • Campur dengan garam dan aduk sampai garam tidak terlihat lagi
  • Masukkan bahan batu lalu tutup dan rendam selama 1 bulan
cara perawatan batu spirtus baturaja

Fungsi garam disini sebagai tambahan nutrisi bagi bahan batu agar bisa berproses dengan cepat, sekaligus membuat batu lebih tua dengan cara yang alami dan tidak berbahaya baik bagi batu itu sendiri maupun pemilik yang akan memakainya.

Bila sobat melakukan dengan benar, dalam waktu dua minggu hasil sudah bisa dilihat dengan jelas. Berhubung batu tersebut berjenis kalimaya, bibit jarong akan terlihat jelas di permukaan batu tersebut walaupun hanya sedikit.

Semoga ulasan singkat kali ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat pembaca setia blog goresan pemikiran semua, salam gemslover.

Baca yang ini juga: ciri jarong ruyung batu black opal

Berkomentarlah dengan baik,sopan dan sesuai tema, promosi dagangan dan link hidup akan dianggap spam.
EmoticonEmoticon